6 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur adalah aktivitas penting demi mendukung kualitas hidup. Delapan jam istirahat adalah waktu yang ideal agar tubuh kita kembali bertenaga dan bisa beraktivitas lagi. Sayangnya kita tak bisa selalu mendapatkan kualitas tidur terbaik, bahkan ada orang yang menderita gangguan tidur parah.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk menunjang kualitas tidur yang lebih baik:

1. Jangan bawa pulang kerjaan

Membawa pulang kerjaan tentu tidak menyenangkan, apalagi ketika kerjaan menggandeng deadline. Stres dan rasa panik serasa menghantui dan tak lepas jadi beban. Oleh karena itu, tips dari situs MSN mengatakan untuk memisahkan ruang kerja dari ruang tidur supaya kita bisa benar-benar istirahat dan tidak diganggu hantu di ruang sebelah.

2. Awasi asupan kafein

Tahukah Anda, efek kafein dalam tubuh bisa bertahan hingga enam jam. Jika Anda penyuka kopi, sebaiknya menekuni waktu-waktu tertentu untuk minum kopi. Lyndi Cohen, ahli gizi asal Australia mengemukakan bahwa jam terakhir yang baik untuk minum kopi adalah 14.00.

3. Tekuni jam makan

Menjaga jam makan adalah salah satu kunci agar perut tenang selama tidur. Oleh karena itu, supaya perut Anda tidak mengganggu jam istirahat, jadwal makan malam yang tepat adalah jam 7 malam, dan harus celah tiga jam dari makan malam ke waktu tidur.

4. Jauhkan gadget

Menyimpan barang elektronik terutama smartphone pada jangkauan kita akan mengganggu siklus tidur. Hal ini karena kita menjadi lebih waspada terhadap distraksi yang terpicu dari smartphone. Solusi yang tepat adalah untuk menyalakan silent mode agar notifikasi apapun tidak mengalihkan perhatian Anda untuk tidur.

5. Ciptakan suasana kamar yang kondusif

Tidur nyenyak yang dianjurkan adalah dalam keadaan gelap, suhu ruangan juga sesuai (tidak terlalu dingin, tidak panas juga). Jika merasa tak nyaman tidur dalam gelap, tips dari situs House Beautiful menganjurkan untuk membuat pencahayaan di kamar sehangat mungkin dengan lampu kuning. Selain itu, pencahayaan yang cukup serta sirkulasi udara yang lancar tentu berkontribusi untuk kamar yang nyaman dan tidur yang nyenyak serta berkualitas.

6. Awasi jam tidur siang

Menurut para ahli, tidur siang yang tepat adalah jam 3 sore, dan tidak lebih dari 30 menit. Tidur siang memang bermanfaat terutama jika tidur malam kita kurang. Tapi jika melebihi durasi yang dianjurkan, badan justru akan terasa lemas ketika bangun. Manfaat tidur siang, selain menyegarkan badan kembali untuk melanjutkan aktivitas, juga membuat kita lebih awas, kreatif, kemampuan memori lebih baik, dan meningkatnya kemampuan belajar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *