Cukup tidur, Berbenah diri dan sikap bisa dipengaruhi dari berbagai faktor. Faktor fisik adalah salah satu yang menunjang suasana batin untuk berpikir positif. Di dalam raga yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Nampaknya keadaan raga yang tidak bugar bisa berdampak pada kesegaran jiwa.

Banyak dari kita yang memiliki dalih tidak cukup tidur karena kurang waktu. Bisa jadi kerjaan yang menyita waktu, atau badan terlalu lelah sehingga kualitas tidur pun terganggu. Tetapi alih-alih mencoba tidur, mata dan jari masih terfokus pada layar ponsel hingga kita tak sengaja terlelap saat waktu hampir pagi.

Berikut adalah keuntungan dari tidur cukup yang memungkinkan kita untuk berbenah mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik:

1. Lebih bahagia.

Kurang tidur pada malam hari, sangat berdampak pada suasana hati keesokan harinya. Tekanan yang didapat pun mirip layaknya diburu deadline bertubi-tubi. Tidur cukup mampu mengubah suasana hati agar lebih tenang.

2. Lebih mudah dalam membentuk tubuh.

Buat Anda yang rutin ke pusat kebugaran untuk menjaga bentuk tubuh atau membentuknya, tidur cukup dapat membantu Anda untuk mencapai target ini.

3. Daya tangkap cepat.

Kita setuju bahwa anak-anak seharusnya tidur di sebelum pukul 21.00 untuk mendapatkan tidur yang cukup, dan ini berdampak pada kemampuannya menerima pelajaran di sekolah. Tapi kita tidak menerapkan hal ini bagi diri sendiri. Padahal tidur cukup membantu kita dalam berpikir lebih cepat dalam menyelesaikan kerjaan di kantor.

4. Lihai mengemudi.

Mereka yang tidur cukup memiliki daya konsentrasi yang lebih baik dibandingkan mereka yang kurang tidur di malam sebelumnya. Dengan rutinitas harian yang mewajibkan kita untuk berkendara, tidur cukup memberikan daya konsentrasi agar lebih berhati-hati dan bersabar saat mengemudi.

5. Suasana hati meningkat positif, gejala depresi pun berkurang.

Mereka yang kurang tidur, cenderung memiliki gejala depresi, kekhawatiran berlebihan, serta rasa kurang percaya diri. Sebaliknya, tidur cukup membuat suasana hati jadi lebih nyaman, sehingga mengurangi potensi tertekan, baik saat masalah personal atau kerjaan melanda.

6. Menjaga kesehatan kulit.

Kulit tidak hanya membutuhkan nutrisi dari luar seperti losion, dan asupan makanan harian. Tidur cukup memiliki keuntungan untuk memulihkan kulit yang terkena sinar matahari atau polusi pada siang harinya.

7. Produktivitas meningkat.

Baik di rumah atau kantor, produktivitas kita akan terjaga stabil atau meningkat apabila kita memiliki tidur cukup. Tidur cukup meningkatkan konsentrasi, sedangkan kurang tidur membuat kita rentan terhadap distraksi.

8. Mengurangi rasa tersinggung dan marah.

Mereka yang kurang tidur, cenderung lebih mudah tersinggung atau marah, bahkan terhadap hal-hal kecil yang semestinya tidak perlu. Hal ini disebabkan suasana hati yang kurang nyaman karena badan yang belum puas beristirahat.

9. Respon cepat.

Meskipun tidak terlalu signifikan, namun mereka yang memiliki tidur cukup, merespon lebih cepat dan akurat dibandingkan mereka yang kurang tidur.

10. Mencegah migrain.

Jika saat bekerja tiba-tiba migrain menyerang, coba tanyakan bagaimana pola tidur kita selama ini. Kurang tidur cenderung dapat menyebabkan sakit kepala mendadak.

Tidur cukup, selain memiliki banyak keuntungan, adalah terapi hemat dan mudah bagi peningkatan kualitas hidup. Sebaliknya, kurang tidur memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan dari hari ke hari. Adapun ingin mempertahankan kualitas hubungan dengan teman atau keluarga, tidur cukup dapat menjadi salah satu faktor untuk mengurangi konflik yang tidak perlu.

Sumber: http://www.businessinsider.com/why-sleep-is-important-2014-12/?IR=T