Hormon Kortisol Cegah Anda Tidur di Malam Hari

Pernahkah Anda berpikir mengapa orang seringkali terbangun saat munculnya cahaya? Bahkan ketika pagi hari dan matahari bersinar dan menerangi kamar kita secara otomatis kita akan terbangun. Keberadaan cahaya ini ternyata memengaruhi tubuh kita layaknya keberadaan cahaya yang membantu tanaman berfotosintesis.

Mematikan lampu saat akan tidur memang seringkali disarankan banyak orang. Hal ini karena saat kita tidur tubuh akan memproduksi hormon melatonin agar tidur menjadi semakin nyenyak. Hormon melatonin dalam tubuh bekerja dengan cara memperlambat detak jantung, tekanan darah dan juga napas kita.

Sedangkan keberadaan cahaya justru akan menyebabkan hormon kortisol meningkat dalam tubuh. Berbeda dengan hormon melatonin, hormon kortisol bekerja menyeimbangkan energi di dalam tubuh, sehingga menyebabkan detak jantung , tekanan darah dan napas menjadi lebih tinggi. Maka dari itu tidak heran bahwa jika saat cahaya muncul di pagi atau siang hari dan menerangi ruang tidur kita, biasanya kita pun akan terbangun.

Inilah alasan mengapa Anda perlu sekali mematikan lampu, dan sumber cahaya lainnya di malam hari. Membiarkan kamar tidur Anda gelap merupakan salah satu cara agar tubuh memproduksi melatonin yang kemudian membuat Anda tidur nyenyak di malam hari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *