Kamar Bebas Alergi

Menurut pengertian dari situs Rabbit Air, alergi adalah respons abnormal sistem kekebalan tubuh. Zat tidak berbahaya yang seharusnya tidak menimbulkan masalah bagi tubuh, bereaksi negatif dengan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan gejala yang tidak diinginkan (gatal pada mata dan tenggorokan, bersin, kelelahan). Alergen ini terjadi melalui penghirupan, menelan, atau kontak fisik.

Alergen yang ditemukan di dalam rumah tentu bisa jadi pemicu munculnya alergi atau bahkan penyakit. Berikut beberapa hal yang harus diawasi dengan hati-hati supaya tidak menimbulkan alergi di kamar tidur.

Sarung dan selimut

Bantal, guling, dan selimut adalah atribut utama untuk tidur. Maka dari itu penting untuk rajin mencuci sprei, sarung bantal, sarung guling minimal seminggu sekali.

Lantai dan furnitur

Selain rajin menyapu atau vakum, tumpukan barang yang berantakan juga harus rajin dibersihkan. Dan ada baiknya tidak memiliki banyak furnitur di kamar karena menambahkan ruang untuk debu. Ketika bersih-bersih pun gunakan kain microfiber.

Supaya tidak menjadi tempat tumpukan alergen, hindari pemasangan karpet di kamar tidur dan gunakan kayu atau linoleum yang aman.

Jendela

Kebersihan area jendela pun sama pentingnya dengan perabot penting kamar tidur, maka dari itu belilah tirai yang mudah dirawat. Menurut situs web Tuck, tirai kain katun dan kain sintetis adalah pilihan yang sehat. Jangan terlalu sering membuka jendela karena bisa mengundang debu masuk dan menumpuk di kamar.

Air purifier (pembersih udara)

Alat yang menghilangkan kontaminan dari udara ini diketahui bermanfaat bagi penderita alergi dan penderita asma, dan bisa mengurangi atau menghilangkan asap tembakau. Jika Anda berencana untuk memiliki alat pembersih udara, penting untuk memahami perbedaan merk yang ada di pasaran karena teknologi yang dipakai masing-masing merk yang berbeda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *