Kuantitas Tidur

Bicara soal pemenuhan kebutuhan tidur, ternyata kualitas tidur saja belum cukup melengkapi informasi soal kesehatan tidur kita secara menyeluruh. Selain kualitas, ada juga kuantitas. Dalam hal tidur, kuantitas berarti jumlah jam tidur.

Dari situs organisasi Sleep, untuk kalangan dewasa, waktu yang tepat adalah 7 hingga 9 jam. Sedangkan kaum dewasa muda (umur 18-25 tahun) beberapa orang mungkin merasa cukup dengan tidur 6 jam. Tapi ada juga yang butuh 10 hingga 11 jam untuk mencapai kepuasan tidur.

Hal ini dikarenakan kondisi masing-masing orang yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memahami kebiasaan tidur kita sendiri supaya bisa memenuhi kebutuhan tidur yang tepat.

Bedanya dengan kualitas tidur

Kualitas tidur mengacu pada seberapa baik kita tidur. Misalnya, dalam kalangan dewasa, tidur yang baik berarti hanya butuh 30 menit (atau kurang) untuk bisa tertidur. Kemudian tidur nyenyak sepanjang malam tanpa terbangun lebih dari 1 kali di tengah malam. Ketika terbangun pun, tak butuh lebih dari 20 menit untuk bisa kembali tertidur.

Sebaliknya, tidur yang buruk adalah ketika kurangnya kemampuan untuk bisa langsung tertidur. Selain itu juga mengalami kegelisahan sebelum tidur, atau bahkan bangun lebih awal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *