Praktikan Sleep Hygiene Saat Tidur

Sleep Hygiene adalah sebuah istilah yang mencakup ritual, perilaku, kebiasaan dan aturan yang diikuti seseorang untuk dapat tidur. Memilih selalu begadang tiap hari dan kemudian berencana untuk menggunakan akhir pekan Anda untuk tidur adalah contoh sleep hygiene yang sangat buruk.

Sleep hygiene yang baik adalah ketika seseorang menentukan pola dan jadwal tidur mereka setiap hari serta menghindari konsumsi kafein di malam hari. Jika rutinitas Anda sangat banyak, Anda kerap merasa lelah dan kewalahan setelah begadang, perlu kesadaran penuh untuk kembali melakukan evaluasi pada pola tidur Anda. Jika pola tidur Anda sudah berantakan, Anda perlu memperbaikinya dengan praktik sleep hygiene.

Praktik sleep hygiene ini adalah salah satu bagian dari terapi kognitif-perilaku bagi orang dengan masalah gangguan tidur dan biasanya diperuntukan bagi penderita insomnia. Unsur terpenting dari sleep hygiene adalah:

  • Suhu kamar tidur tidak boleh tidak terlalu panas atau terlalu dingin
  • Semakin gelap kamar tidur Anda, maka tidur Anda akan semakin baik
  • Belajarlah untuk rileks sebelum tidur.
  • Milikilah kasur dengan permukaan yang halus dan sejuk, seperti kasur Mimpi.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *