Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Social Jet lag

Saat libur Natal dan Tahun Baru, tubuh terbiasa tidur sampai larut malam dan bangun di siang hari.
Akibatnya, kebiasaan saat liburan ini akan memengaruhi irama sirkadian tubuh Anda. Jika ini adalah
kebiasaan yang Anda lakukan saat liburan panjang, maka dapat dipastikan bahwa Anda akan
mengalami social jet lag saat harus kembali bekerja.

Apakah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan social jet lag? Social Jet lag adalah sindrom
merasa cepat lelah pascaliburan. Sindrom ini terjadi sebagai akibat dari perubahan jadwal tidur
ketika Anda sedang berlibur.

Kondisi akan terasa berbeda ketika Anda harus mulai kembali bekerja. Anda harus bangun lebih pagi
dan tidur lebih cepat. Secara tak langsung, Anda harus memaksa tubuh untuk melawan irama
sirkadian. Inilah yang membuat Anda berpikir bahwa tubuh Anda lelah, ingatan lebih lemah dan
reaksi lebih lambat.

Cara mengatasi social jet lag yang baik adalah dengan berjalan selama 20 menit di bawah paparan
sinar matahari pada waktu istirahat saat kembali bekerja. Hal ini dinilai lebih baik ketimbang
mengkonsumsi kafein di siang hari. Dengan terpapar sinar matahari, Anda akan membangkitkan
hormon kortisol dalam tubuh Anda dan membuat Anda tetap terjaga di siang hari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *