Alasan Kurang Tidur Kerap Sebabkan Depresi

Alasan Kurang Tidur Kerap Sebabkan Depresi

November 12, 2021

Kurang tidur memang menyebabkan banyak masalah bagi tubuh kita. Mulai dari kelelahan, sakit punggung, menurunkan kecerdasan hingga depresi. Mengapa kurang tidur pada orang dewasa kerap menyebabkan depresi?

1. Menurut jurnal internasional

Berdasarkan penelitian beberapa jurnal internasional, orang-orang yang memiliki pola tidur sehat, yaitu 7-8 jam tiap harinya terbukti lebih bahagia daripada yang tidur kurang dari 7 jam tiap harinya. Sebanyak kurang lebih 65% bebas dari stress dan depresi. Alasannya adalah saat tidur kita cukup, amygdala dalam tubuh akan bekerja dan mengatur emosi kita. Jika demikian maka amygdala ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan membuat perasaan kita menjadi lebih bahagia.

2. Timbulnya kecemasan

Kurangnya istirahat dan tidur di malam hari akan membuat bagian otak depan (prefrontal cortex) akan kehilangan dayanya dalam mengendalikan amygdala, sehingga emosi akan bergejolak dan menyebabkan seseorang pada akhirnya mudah mendapatkan stress dan depresi. Jika kurang tidur dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, maka kemungkinan besar Anda dapat menderita gangguan kecemasan (anxiety disorder) dan mungkin muncul pikiran-pikiran untuk mengakhiri hidup.

3. Solusi yang memilki masalah tidur

Maka dari itu ketahuilah bahwa tidur yang cukup sangat dianjurkan untuk menghindari Anda dari stress dan depresi. Bagi Anda yang kerap memiliki pola tidur yang buruk inilah saat yang tepat untuk kembali mencoba mengambil setidaknya 7-8 waktu tidur tiap harinya untuk miliki pola tidur yang lebih baik dan bebas dari depresi.

Agar tidur tetap nyenyak, kualitas kasur juga sangat berpengruh terhadap kualitas tidur itu mengapa kasur mimpi hadir untuk memberikan kualitas tidur yang tinggi. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan trial kasur 100 hari secara gratis. Baca lebih lanjut tentang kasur latex mimpi disini. Kunjungi juga toko kami di Shopee, Tokopedia, dan Lazada.


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!