Bagaimana Stres Mempengaruhi Tidur?

Bagaimana Stres Mempengaruhi Tidur?

February 20, 2021

Stres dan tidur terkait satu sama lain: kurang tidur dapat meningkatkan tingkat stres dan stres memengaruhi kualitas dan durasi tidur. Pertanyaannya adalah bagaimana dan mengapa?

bagaimana-stres-mempengaruhi-tidur

Sains di balik stres

Setiap orang sebisa mungkin selalu menghindari stres. Namun, alasan sebenarnya mengapa manusia dan hewan mengembangkan stres adalah karena hal stres memungkinkan mereka menghadapi situasi penting atau berbahaya. Stres dapat memotivasi anda untuk bekerja lebih keras dan lebih fokus. Jadi, sedikit stres sebenarnya bermanfaat bagi tubuh dan pikiran!

Stres melepaskan kortisol dan adrenalin, hormon yang meningkatkan detak jantung agar lebih banyak mengedarkan darah, mempersiapkan tubuh untuk mengambil tindakan segera jika diperlukan. Namun, dengan stres jangka panjang, tekanan darah terus meningkat, otot terus menegang, menyebabkan lebih banyak peradangan di tubuh, dan akhirnya menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah.

bagaimana-stres-mempengaruhi-tidur 2

Bagaimana stres membuat anda terjaga di malam hari

Peningkatan kadar adrenalin dan detak jantung bisa menimbulkan rasa gelisah meski tubuh sudah terasa lelah. Saat mengalami stres, tubuh anda mengira sedang dalam bahaya dan menghalangi anda untuk tidur! Anda mungkin bisa tertidur tetapi anda mungkin akan sering terbangun di malam hari.

bagaimana-stres-mempengaruhi-tidur 3

Bagaimana cara mengurangi stres untuk tidur lebih nyenyak

Mengidentifikasi penyebabnya

Langkah pertama untuk mengatasi stres adalah mencari tahu apa penyebabnya dan menyelesaikannya sesegera mungkin.

Tingkatkan eksposur ke sinar matahari

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa paparan sinar matahari dapat membantu orang tidur lebih nyenyak dengan membantu menyesuaikan ritme sirkadian.

Belajar untuk rileks

Praktikkan yoga, meditasi, atau deep breathing. Mereka terbukti untuk membuat tubuh rileks dan menenangkan pikiran; juga dapat dengan mudah membuar anda pergi ke alam tidur.

Mencari dukungan sosial

Menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman dapat membantu; berbagilah soal masalah anda dengan orang yang peduli.

bagaimana-stres-mempengaruhi-tidur 4

Olahraga

Saat stres memengaruhi otak, seluruh tubuh juga merasakan dampaknya. Jadi, masuk akal jika tubuh anda terasa lebih baik, pikiran anda juga akan merasakan hal yang sama.

Makan makanan yang sehat

Termasuk mengurangi asupan alkohol dan kafein di siang hari. Menurut sebuah penelitian, hal itu sebenarnya dapat meningkatkan tingkat stres.

Cari bantuan profesional

Jika anda telah mencoba semua cara di atas dan tidak ada yang berhasil, anda mungkin memerlukan bantuan dokter atau spesialis tidur.

bagaimana-stres-mempengaruhi-tidur

Tidur lebih nyenyak dengan Mimpi Sleep!

Mimpi dapat membantu anda mendapatkan tidur terbaik! Kami hanya menggunakan bahan premium berkualitas tinggi dari Belgia: latex alami grade-A, busa memori, busa berketahanan tinggi, dan busa penopang tahan lama. Cover kasur yang dapat dilepas dan dicuci terbuat dari kain tahan api berkualitas tinggi dengan viscose dan pes.

Upgrade kasur anda, upgrade hidup anda dengan Mimpi!

Referensi

Kim, E. J., & Dimsdale, J. E. (2007). The effect of psychosocial stress on sleep: a review of polysomnographic evidence. Behavioral sleep medicine, 5(4), 256–278. https://doi.org/10.1080/15402000701557383


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Jual Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau