BRUXISM atau "menggertakan gigi" dimalam hari

BRUXISM atau "menggertakan gigi" dimalam hari

November 16, 2021

Bruxism yang secara etimologi berasal dari kata Yunani “brychein” memiliki pengertian “menggertakan gigi”. Tidak banyak yang tahu, tapi menggertakan gigi di malam hari merupakan salah satu gangguan tidur yang dapat menyerang seseorang. Bruxism ini merupakan salah satu gangguan tidur yang berbahaya jika tidak diobati dan dibiarkan berlanjut terus-menerus.

Apakah BRUXISM atau "menggertakan gigi" dimalam hari saat tidur berbahaya?

Biasanya orang dengan bruxism tidak menyadari bahwa mereka mengidap gangguan tersebut karena mereka melakukannya secara tidak sadar saat tidur di malam hari. Ini tentunya sangatlah tidak baik karena prilaku ini akan terus-menerus terjadi bertahun-tahun.

Jika hal ini terjadi, maka bruxism dapat mematahkan gigi, melonggarkan gigi dan menipiskan enamel, mahkota dan tambalan gigi yang mungkin ada. Selain dampaknya secara langsung pada gigi penderita, bruxism juga dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri ada rahang dan gangguan pada sendi temporomandibular.

Penanganan pada orang yang mengidap BRUXISM atau "menggertakan gigi" saat tidur

Apakah Anda mengenal seseorang yang kerap menggertakan giginya saat tidur secara tidak sadar? Jika ya, Anda harus memberitahu teman Anda tersebut agar dapat terhindar dari bahaya bruxism jangka panjang dan mendapatkan pertolongan untuk mengobati gangguan tidur tersebut.

 

Kasur Mimpi memberikan kenyamanan tidur dan mampu mengurangi berbagai kendala dan gangguan tidur. Kunjungi toko kami di Shopee, Tokopedia, dan Lazada.


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!