Hal-hal yang terjadi saat anda memencet tombol ‘snooze’

Hal-hal yang terjadi saat anda memencet tombol ‘snooze’

May 18, 2020

Seberapa sering anda menggunakan fitur snooze di alarm ponsel anda? Sekali, dua kali, atau bahkan tiga kali? Tidur ekstra beberapa menit memang sangat menggoda, namun ‘snoozing’ ternyata dapat mengacaukan siklus tidur anda!

Inilah alasan-alasan mengapa anda harus menghentikan kebiasaan memencet tombol snooze:

  1. Mengacaukan rutinitas alami tubuh saat bangun tidur

Percaya atau tidak, tubuh anda mulai bersiap untuk bangun hampir dua jam sebelum akhirnya anda membuka mata. Dengan menaikan suhu tubuh anda dan melepaskan bahan kimia yang meninggkatkan kesadaran, tubuh dan otak bekerja sama untuk membuat anda bangun.

Ketika anda bangun lalu meng’snooze’ alarm lalu tidur kembali, otak dan tubuh anda mengalami yang disebut dengan ‘sleep inertia’ – yang menyebabkan perasaan mengantuk dan lesu hingga berjam-jam setelah anda bangun tidur.

  1. Membuat otak anda bingung

Beberapa peneliti tidur percaya bahwa pengunaan tombol snooze melatih otak untuk berpikir “beberapa menit lagi…” daripada “waktunya bangun” ketika anda mendengar alarm. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine, tidur yang terganggu dapat berdampak negatif pada suasana hati dan rentang fokus anda sama efeknya seperti saat anda tidak tidur sama sekali semalaman.

  1. Mengacaukan kesehatan mental dan fisik

Hanya butuh satu minggu tidur yang buruk untuk mengacaukan ratusan gen dalam tubuh anda – yang mana menyebabkan stress, kekebalan tubuh yang rendah, dan peradangan atau inflamasi. Ketika anda stress, anda akan lebih sulit focus dan cenderung mudah marah. Ketika sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik, anda dapat jatuh sakit. Dan yang paling buruk? Saat anda mempunyai tingkat inflamasi yang tinggi, anda dapat terkena masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, kanker, dan stroke.

  1. Hentikan kebiasaan buruk meng’snooze’ alarm!

Cobalah untuk menghentikan kebiasaan memencet tombol snooze pada alarm anda. Berdapatasilah dengan langsung bangun saat anda mendengar suara alarm pertama anda.

Mari mulai hari dengan perasaan segar dan berenergi mulai dari sekarang, sahabat Mimpi!


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Jual Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau