Intermittent Fasting – Pernahkah Anda Mendengar Tentang Tren Kesehatan Baru Ini?

Intermittent Fasting – Pernahkah Anda Mendengar Tentang Tren Kesehatan Baru Ini?

August 12, 2020

Ternyata puasa jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kualitas tidur!

Baru-baru ini intermittent fasting menjadi tren kesehatan terutama bagi mereka yang mencari strategi baru untuk penurunan berat badan. Dan ternyata, intermittent fasting juga bermanfaat untuk kualitas tidur! Tipe puasanya bervariasi – dari metode 16/8 hingga pelewatan makan secara spontan.

Penjelasan intermittent fasting

Intermittent fasting adalah pola makan – ini adalah cara untuk menjadwalkan makanan sehingga anda mendapat hasil yang maksimal dari makanan anda. Intermittent fasting bukan tentang APA yang anda makan namun KAPAN anda makan.

Selama intermittent fasting, anda boleh makan di jam-jam tertentu, dan diluar jam tersebut anda hanya diperbolehkan minum seperti air mineral, kopi, teh, dll.

Pada intinya, intermittent fasting memungkinkan tubuh menggunakan energi yang tersimpan, dengan membakar lemak tubuh berlebih. Dan tidak ada yang salah dengan hal tersebut, begitulah cara tubuh kita dirancang!

Kebanyakan orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep puasa karena muslim diwajibkan melakukannya setiap tahun. Namun, selalu tanyakan kepada dokter anda sebelum memulai puasa ini – karena tidak untuk semua orang termasuk penderita diabetes tipe 1, gangguan makan berlebihan, wanita hamil, dan wanita menyusui.

Manfaat intermittent fasting

Puasa ini dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan jika dilakukan dengan benar, termasuk penurunan berat badan, membantu mengobati diabetes tipe 2, dan banyak lainnya. Plus, puasa ini dapat menghemat waktu dan uang anda dengan menghilangkan satu kali makan (atau lebih) dalam sehari.

Kita sudah tahu bahwa makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat memengaruhi kualitas tidur anda. Secara teknis anda harus pergi tidur setelah 2-3 jam makan besar. Saat anda pergi tidur dengan perut kosong, jam internal di sistem pencernaan anda sejajar dengan jam di otak anda sehingga semua sistem tubuh anda setuju untuk “offline” untuk tidur. Jenis puasa ini bisa anda capai hanya dengan makan malam lebih awal dan menghindari ngemil sebelum tidur. Dan hasilnya bisa meningkatkan kualitas tidur anda.

Cara-cara populer untuk melakukan intermittent fasting

Metode 16/8

Metode ini melibatkan puasa setiap hari selama 14-16 jam dan membatasi jendela makan harian anda menjadi 8-10 jam. Di dalam jendela makan tersebut, anda bisa makan lebih dari 2 kali.

Misalnya, karena waktu makan terakhir anda adalah jam 8 malam, anda kemudian berpuasa selama 16 jam. Tetapi sebenarnya anda tidur sekitar jam 11 malam sampai jam 7 pagi (rata-rata), dan kemudian anda berpuasa lagi sampai jam 12 siang.

Diet 5:2

Diet ini melibatkan makan secara normal 5 hari dalam seminggu sambil membatasi asupan kalori anda menjadi 500-600 selama 2 hari dalam seminggu. Dianjurkan agar wanita makan 500 kalori dan pria 600.

Misalnya, anda makan dengan normal setiap hari kecuali hari Senin dan Rabu. Selama dua hari tersebut, anda makan 2 porsi kecil masing-masing 250-300 kalori.

Makan-berhenti-makan

Ini adalah puasa selama 24 jam selama sehari atau dua hari dalam satu minggu.

Contohnya, anda selesai makan pukul 7 malam di hari Minggu. Dan di hari Seninnya, anda tidak makan lagi sampai jam 7 malam.

Puasa bergantian hari

Dalam puasa jenis ini, anda berpuasa dua hari sekali. Anda dapat melakukan puasa 24 jam atau diet 5: 2 atau jenis lainnya.

The warrior diet

Puasa jenis ini melibatkan makan buah dan sayuran mentah di siang hari dan satu makanan besar di malam hari.

Pada dasarnya, anda berpuasa sepanjang hari dan berpesta di malam hari dalam jendela makan empat jam.

Melompati makan secara spontan

Sebenarnya, anda tidak perlu mengikuti rencana intermittent fasting yang terstruktur untuk mendapatkan beberapa manfaatnya. Pilihan lainnya adalah dengan melewatkan waktu makan dari waktu ke waktu, seperti saat anda tidak merasa lapar atau terlalu sibuk untuk memasak dan makan.

Lagipula, anda sendiri yang tahu apa yang terbaik untuk tubuh anda!

Mimpi dapat membantu anda!

Tubuh setiap orang merespon puasa secara berbeda. Beberapa tidak bisa tidur dengan perut kosong tapi beberapa bisa. Untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak saat berpuasa, anda juga harus memperhatikan apa yang anda makan sebagai makanan terakhir anda!

Anda dapat membuat tidur selama puasa intermiten lebih nyaman dengan kasur Mimpi yang nyaman dan menyokong tubuh dengan sempurna. Kasur latex alami Mimpi akan membantu tubuh anda rileks dalam malam tidur restoratif selama hari puasa anda atau tidak.

Kapan pun anda siap untuk tidur malam yang nyenyak, kami di sini untuk membantu.


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau