Kasur Orthopedic, Solusi atas Masalah Tulang yang Kian Beragam

Kasur Orthopedic, Solusi atas Masalah Tulang yang Kian Beragam

May 21, 2024

Kasus orthopedic adalah masalah yang umum dialami oleh manusia. Kasus ini biasanya melibatkan bagian tubuh seperti otot, tulang, saraf, persendian, ligamen, tendon, dan jaringan ikatan lainnya.

Maka dari itu, jika ada masalah pada jaringan tersebut, maka harus segera ditangani dengan baik. Pada umumnya, gejala ortopedi biasa menyerang wanita daripada pria. Salah satu cara mengatasi masalah ortopedi adalah dengan menggunakan kasur orthopedic.

kasur sebagai benda yang selalu menempel pada manusia memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan tulang manusia. Ada beberapa jenis kasur orthopedic yang perlu kamu ketahui untuk mencegah terjadinya masalah pada tulang. Berikut ini ulasannya.

Masalah Orthopedic yang Biasa Muncul pada Manusia

Sebelum membahas tentang kasur orthopedic yang bisa menjadi pencegah masalah ortopedi, kamu terlebih dahulu perlu mengetahui masalah orthopedic yang biasa muncul pada manusia:

1. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang berhubungan dengan hilangnya kepadatan tulang dan meningkatnya risiko patah tulang pada manusia. Ini muncul pada wanita yang mulai menua karena kadar estrogen yang mulai berkurang sehingga terjadi penurunan kepadatan tulang.

2. Carpal Tunnel Syndrome

Selanjutnya, masalah ortopedi yang sering dialami oleh manusia, terutama perempuan adalah carpal tunnel syndrom. Wanita tiga kali lebih mungkin mengalami carpal tunnel syndrome dibandingkan dengan pria. 

Carpal tunnel syndrome biasanya menjangkit perempuan paling sering antara usia 30 dan 60 tahun. Beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan radang sendi memunngkinkan dapat meningkatkan berkembangnya masalah ini.

3. Capsulitis Perekat

Masalah ortopedi yang umum dialami oleh manusia selanjutnya adalah capsulitis perekat. Capsulitis perekat biasanya disebabkan ketika jaringan di sendi bahu menjadi lebih tebal dan lebih kencang, sehingga jaringan parut berkembang seiring waktu. 

Ketika manusia mengalami gejala demikian maka akan berakibat pada sendi bahu yang tidak mempunyai ruang yang cukup untuk berputar dengan baik. Beberapa gejala yang bisa dirasakan adalah bengkak, nyeri, dan kaku.

4. Spondylitis

Terakhir, kasus ortopedi yang sering dialami oleh manusia adalah spondylitis. Spondylitis merupakan istilah yang digunakan pada sekelompok penyakit tipe arthritis kronis yang mengkondisikan sendi tulang belakang dan daerah sakroiliaka. 

Penyakit ini merupakan sebuah peradangan dan pembengkakan di tulang belakang sehingga bukan tidak mungkin juga bisa membuat tulang belakang membungkuk lebih parah dan akut.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah mengetahui apa saja masalah ortopedi yang biasa muncul pada manusia, maka selanjutnya kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan benar. Ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui untuk mencegah terjadinya masalah ortopedi.

1. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Cara pertama yang wajib dilakukan dalam rangka untuk mencegah masalah ortopedi adalah dengan mempertahankan berat badan yang ideal. Setiap orang yang mengalami penambahan berat badan maka akan tinggi pula risiko terkena masalah osteoporosis pada lutut.

Selain itu, obesitas juga dapat menambah beban pada persendian kamu. Sehingga hal itu dapat melemahkan otot dan meningkatkan kemungkinan cedera lebih tinggi.

2. Terus Bergerak

Selanjutnya, bergerak adalah kunci dari segala macam pencegahan penyakit. Salah satunya adalah masalah ortopedi. Olahraga dapat berupa peregangan, jalan kaki, berenang, dan bersepeda di permukaan tanah. 

Meski demikian, penting juga untuk menghindari aktivitas yang memberikan terlalu banyak tekanan pada persendian Anda, seperti menekuk lutut dalam-dalam. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui seberapa mampunya tubuh kamu digunakan untuk terus bergerak.

3. Menguatkan Otot Inti

Otot inti yang kuat sangat penting untuk membantu kamu dalam memberikan keseimbangan berat badan. Salah satu cara untuk menguatkan otot inti adalah yoga dan pilates. Kedua olahraga tersebut merupakan cara yang baik untuk berolahraga, sehingga bisa memperkuat otot dan meningkatkan kesehatan ortopedi.


4. Peregangan sebelum Berolahraga

Penting juga untuk melakukan peregangan sebelum olahraga. Peregangan sangat penting untuk menjaga fleksibilitas, meningkatkan kinerja dan mengurangi cedera akibat stres seperti keseleo dan ketegangan. 

Peregangan adalah cara yang sangat baik untuk pemanasan sebelum beraktivitas karena meniru gerakan yang akan Anda lakukan saat berolahraga. Peregangan juga dapat meningkatkan aliran darah ke otot, sehingga mengurangi resistensi dan meningkatkan fleksibilitasnya

5. Menggunakan Sepatu yang Nyaman

Selanjutnya kamu juga penting untuk selalu menggunakan sepatu yang nyaman ketika beraktivitas. Sepatu yang suportif dan nyaman saat dipakai sangat penting untuk menjaga punggung kamu tetap lurus.

6. Memilih Kasur yang Tepat

Terakhir, cara mengatasi masalah ortopedi yang wajib kamu ketahui adalah dengan memilih kasur orthopedic. Kasur yang baik adalah kasur yang dapat memberikan kenyamanan ekstra bagi penggunanya. Selain itu, memilih kasur yang tepat juga dapat menghindarkan penggunanya dari berbagai masalah kesehatan seperti masalah ortopedi.

Kasur Latex Bantu Cegah yang Baik untuk Masalah Ortopedi

Salah satu cara untuk mengurangi kemungkinan terjadinya risiko masalah ortopedi adalah dengan memilih kasur orthopedic. Kasur orthopedic adalah kasur yang dirancang khusus untuk kesehatan penggunanya.

Mulai dari sirkulasi udara yang lebih baik, bahan yang baik untuk kulit, hingga dapat membantu meluruskan tulang belakang. Selain itu kasur orthopedic berbahan latex juga memiliki keunggulan lain karena awet, menggunakan bahan anti jamur, dan lain sebagainya.

Ketika kamu memilih untuk menggunakan kasur latex sebagai salah satu cara untuk mencegah terjadinya masalah ortopedi, maka hal itu adalah keputusan yang tepat. Kasur berbahan latex memiliki bahan yang bersifat tidak terpengaruh dengan gerakan.

Hal ini membuat kasur tersebut menjadi lebih stabil. Kestabilan tersebut memiliki fungsi yang sangat baik untuk kesehatan. Mulai dari meredakan nyeri pada punggung, nyeri pundak, hingga masalah pada leher saat sedang terlelap di atas kasur.

Jika kamu tertarik untuk membeli kasur latex maka kasur orthopedic berbahan latex terbaik di Indonesia adalah Kasur Mimpi. Kasur Mimpi memiliki keunggulan dibanding dengan kasur lain karena kualitasnya yang sudah distandarisasi.

Selain itu, kasur orthopedic berbahan latex dari Kasur Mimpi juga sudah memiliki teknologi sanitized yang dapat memaksimalkan penjagaan latex dari jamur, tungau dan juga bakteri yang sering mengganggu penggunanya saat sedang tidur di malam hari.


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!