Manfaat Tidur Bersama Pasangan

Manfaat Tidur Bersama Pasangan

July 01, 2021

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental dan fisik adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga menjaga kualitas tidur Anda. Kualitas tidur Anda akan sangat berdampak pada kualitas kesehatan fisik dan mental Anda. Kurang tidur tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Selain memiliki pola hidup sehat serta diimbangi dengan mengatur waktu tidur Anda, mendapatkan kualitas tidur yang baik ternyata bisa Anda dapatkan dengan tidur bersama pasangan Anda.

Menurut penelitian yang dikutip dari jurnal Psychological Science, tidur bersama dengan pasangan ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur kita dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan terbangun keesokan harinya dengan segar. Di dalam penelitian yang dilakukan, para ahli meneliti apakah mencium aroma dari pasangan berpengaruh terhadap kualitas tidur?

Jawabannya adalah iya. Aroma pasangan terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik dan juga dapat meningkatkan efisiensi tidur.

 

Tidur Bersama Pasangan, kenapa Tidak? Inilah Manfaat yang akan Anda Dapatkan!

1. Meningkatkan Hormon Oksitosin

Hormon Oksitosin atau yang lebih dikenal dengan hormon “Cinta” adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh otak dan akan memicu perasaan rileks, empati, bahkan dapat mengurangi rasa cemas. Melakukan kontak fisik atau bersentuhan dengan orang yang Anda sayangi tentu dapat meningkatkan produksi Hormon Oksitosin, termasuk ketika Anda menghabiskan waktu untuk tidur berdua di kasur.

Dengan tidur bersama, Anda dan pasangan Anda akan merasa aman dan tentunya membantu tidur menjadi lebih nyenyak karena hormon oksitosin memiliki efek yang cukup kuat.

2. Memperkuat Ikatan Hubungan

Istilah pillow talk atau percakapan yang dilakukan di atas kasur bersama pasangan ketika sebelum atau sesudah tidur bersama pasangan dinilai memiliki manfaat dalam mempererat ikatan hubungan seseorang, terutama dengan pasangan Anda. Hal ini bisa Anda dapatkan ketika Anda tidur bersama pasangan Anda. Pillow talk sebelum atau sesudah tidur dapat Anda lakukan untuk berkomunikasi satu sama lain. Pasangan yang tidurnya terpisah akan melewati komunikasi spesial yang bisa dilakukan berdua tanpa adanya gangguan dari anak anak ataupun pekerjaan.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Rasa nyaman yang kita dapatkan saat tidur bersama pasangan akan berimbas pada tidur nyenyak. Para ahli berpendapat, wanita dapat tidur lebih tenang saat bersama dengan pasangan. Sama halnya dengan wanita, pria pun juga dapat tidur dengan tenang ketika tidur bersama pasangan. Tidur tenang yang dimaksud adalah tidur dengan nyenyak dengan tidak terlalu banyak gerakan dan tidur tanpa mengorok

4. Dapat Mengurangi Stres

Salah satu pelatih manajemen stres dan terapis holistik yang bernama Catherine A. Connors mengatakan bahwa kontak fisik dengan pasangan dapat meredakan stress. Kontak fisik yang dimaksud antara lain berpelukan, berciuman, dan tidur bersama pasangan dapat meningkatkan hormon Oksitosin. “Reaksi Kimia yang ditimbulkan dapat membantu mengurangi tekanan darah sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan juga bisa mengurangi stress dan cemas” ungkapnya.

5. Memperbaiki Komunikasi dengan Pasangan

Sentuhan atau kontak fisik adalah salah satu cara untuk menunjukkan emosi seperti rasa sayang, rasa cinta, rasa menghargai dan simpati kepada pasangan Anda. kebahagiaan ataupun kesedihan pun kerap kali kita luapkan dengan bersentuhan. Menurut salah satu terapis pernikahan asal Chicago, David Klow mengatakan banyak pasangan ingin dimengerti. Memiliki komunikasi yang baik adalah salah satu cara yang tepat untuk mengungkapkan rasa empati dan pengertian.

Klow menyarankan, salah satu bentuk komunikasi yang dapat dilakukan adalah komunikasi Non Verbal. Cara ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengungkapkan pada pasangan bahwa Anda mengerti dengan apa yang pasangan anda rasakan. Klow sangat menyarankan untuk tidur bersama pasangan pada malam hari dengan berpelukan sebagai bentuk komunikasi.

 

Inilah Beberapa Rekomendasi Posisi Tidur dengan Pasangan

Tidur dengan Pasangan

Ada banyak posisi tidur bersama pasangan yang bisa anda coba, namun ada satu posisi yang direkomendasikan oleh parah ahli yaitu spooning. Spooning membuat Anda atau pasangan tidur menyerupai sendok dimana memeluk pasangan dari belakang. Menurut para ahli, spooning dapat menurunkan stress dan meningkatkan keintiman.

Tak hanya spooning, Posisi ketika tangan pasangan di ketiak atau yang dikenal dengan istilah Loose Spoon juga bisa menjadi pilihan. Seperti arti kata Loose Spoon yaitu sendok yang lepas, posisi ini tidak terlalu banyak mengharuskan pasangan Anda untuk melibatkan sentuhan fisik. Kebanyakan pasangan yang memilih gaya tidur ini bukan lagi memikirkan sentuhan emosional melainkan lebih mempertimbangkan kualitas tidur yang baik.

Dengan posisi Loose Spoon, tidur Anda tidak akan terikat oleh pelukan atau tertindih tubuh lainnya. Anda dan pasangan Anda dapat bernafas lega, tidak kepanasan, dan dapat berselonjor dengan leluasa.

Beberapa pasangan mungkin merasa cemas karena pasangan tidur mereka seringkali tidur dengan memunggungi atau mungkin terlihat jauh dari pasangan. Cobalah untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda posisi apa yang nyaman untuk Anda berdua agar dapat tidur lebih nyenyak.

 

Mimpi, Kasur King Size Terbaik di Indonesia

Kasur King Size Terbaik di Indonesia

Untuk menunjang kualitas tidur bersama pasangan Anda, Mimpi, salah satu brand kasur kesehatan kini menghadirkan kasur king size berbahan premium latex terbaik grade A yang dibuat khusus untuk orang Indonesia. Dengan menggunakan latex, salah satu bahan utama dari Kasur Mimpi bersifat anti alergen dan tahan dari tungau serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Kasur mimpi akan memastikan kualitas tidur Anda bersama pasangan Anda lebih baik sehingga akan memaksimalkan kegiatan Anda sehari-hari.

Kasur Mimpi terbuat dari bahan latex dan busa premium seperti busa memori responsif, busa dengan sifat berketahanan tinggi adaptif, dan busa penyangga yang tahan lama. Setiap lapisan kasur Mimpi memiliki fungsi tersendiri yang akan memberikan dukungan dan kenyamanan penuh yang dibutuhkan tubuh Anda.

Kasur Mimpi akan memberikan Anda dan pasangan Anda pengalaman tidur terbaik. Miliki Kasur Mimpi sekarang juga dan dapatkan diskon hingga 25% dan gratis bantal latex (syarat dan ketentuan berlaku).

(Beli Kasur Mimpi Sekarang)


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Jual Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau