Pentingnya tidur bagi kesehatan

Pentingnya Tidur Bagi Kesehatan

June 15, 2021

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan dan tentunya berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Tidur memainkan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari karena pentingnya tidur akan berdampak dalam menjaga produktivitas kita. Pernahkah terlintas di pikiran Anda pentingnya tidur bagi kesehatan Anda? Ini jawabannya!

 

Pentingnya Tidur Bagi Kesehatan Anda

Tidur sangat berdampak untuk kesehatan Anda. Dalam menjaga kesehatan mental dan fisik Anda, kualitas tidur Anda memainkan peranan penting. Memiliki jam tidur yang ideal selain membantu meningkatkan produktivitas Anda sehari-hari, pentingnya tidur yang cukup juga berdampak baik bagi kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat pentingnya tidur untuk kesehatan Anda;

1. Tidur Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Dilansir dari Verywell Health, pentingnya tidur yang cukup dapat membantu Anda agar terhindar dari resiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi karena kebanyakan kasus serangan jantung dan stroke sering terjadi di pagi hari yang disebabkan oleh cara kita tidur nantinya akan berinteraksi dengan pembuluh darah. Memiliki jam tidur yang buruk dapat membuat buruknya tekanan darah dan kolesterol, yang merupakan faktor utama penyakit jantung dan stroke. Idealnya, Jantung Anda akan lebih sehat ketika Anda mendapatkan 7 sampai 9 jam untuk tidur setiap malam.

2. Tidur Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pentingnya tidur akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh Anda akan mengeluarkan senyawa yang bernama sitokin pada saat Anda tidur. Sitokin nantinya akan memberikan perlindungan terhadap sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk melawan infeksi dan juga peradangan. Jika Anda memiliki jam tidur yang buruk, Jumlah Sitokin yang ada di dalam tubuh Anda akan tidak cukup untuk menghalangi tubuh dari berbagai virus dan penyakit. Kurang tidur juga dapat meningkatkan jumlah senyawa penyebab peradangan di dalam tubuh. Hal ini akan Anda alami sama halnya ketika Anda terkena alergi atau asma.

3. Tidur Dapat Membantu Tubuh Anda untuk Meregenerasi Dirinya Sendiri

Tidur merupakan salah satu waktu untuk santai, tetapi juga merupakan waktu dimana tubuh Anda bekerja untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh stress, sinar UV dan paparan zat berbahaya lainnya. Pentingnya tidur cukup akan membuat sel-sel dalam tubuh Anda menghasilkan lebih banyak protein ketika Anda tidur. Molekul protein ini membentuk blok pembangun untuk sel, sehingga memungkinkan mereka untuk meregenerasi sel-sel yang rusak

4. Tidur Membantu Anda untuk Menjaga Berat Badan Anda

Ketika Anda memiliki jam tidur yang buruk, tubuh Anda akan mengubah hormon yang mengatur nafsu makan dan rasa lapar. Hormon tersebut adalah Leptin and Ghrelin. Kedua hormon tersebut mengambil peran yang utama dalam mengontrol dan menjaga nafsu makan. Jika kita tidak memiliki tidur yang cukup, hormon ghrelin akan meningkat dan hormon leptin akan menurun yang akan mengakibatkan tubuh kita mudah merasa lapar. Selain itu, tidur sangat mempengaruhi tubuh dalam memproses dan menyimpan karbohidrat.

5. Tidur Dapat Membantu Anda Meningkatkan Suasana Hati

Memiliki jam tidur yang kurang dapat membuat Anda menjadi sulit berkonsentrasi, stress, cepat marah dan tidak sabar. Hal ini akan membuat suasana hati Anda menjadi kacau dan akhirnya Anda tidak akan fokus untuk melakukan kegiatan Anda.

Tidur nyenyak tiap malam

Cara Tidur Nyenyak Setiap Malam

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi daya berfikir, konsentrasi, dan kemampuan bekerja. Dan jika hal ini tetap dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, kurang tidur akan mengganggu kesehatan Anda. setelah mengetahui dampak pentingnya tidur yang nyenyak untuk kesehatan Anda, berikut adalah cara tidur nyenyak yang bisa Anda coba;

1. Membuat Jadwal Tidur Yang Tetap

Cara tidur nyenyak yang pertama adalah memiliki tidur nyenyak pada jam yang sama secara rutin akan bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh menciptakan alarm alami. Untuk memudahkan anda mengatur jadwal tidur Anda, Anda bisa mencoba tidur bifasik. Lakukan kebiasaan secara tidur teratur bahkan saat akhir pekan atau weekend. Dengan cara ini, memiliki jadwal tidur yang tetap akan membantu Anda tidur nyenyak setiap hari. Jangan lupa untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman dan gunakan pencahayaan yang redup agar tubuh dapat beristirahat sepenuhnya dengan baik.

2. Hindari Menonton TV ataupun Bekerja di Kamar Tidur

Cara tidur nyenyak selanjutnya adalah dengan sebisa mungkin menghindari menonton TV atau bekerja di Kamar Tidur. Sebaiknya sebelum tidur hindari bekerja di tempat tidur agar pikiran Anda bisa rileks. Anda juga disarankan untuk ‘melupakan’ sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan deadline pekerjaan. Singkirkan peralatan elektronik, seperti TV dan HP dari tempat tidur agar tidak tergoda untuk membuka media sosial ataupun terjebak di dalam dunia maya

3. Hindari Kopi atau Merokok Sebelum Tidur

Seperti yang Anda tahu, Kopi mengandung zat kafein yang akan menyebabkan Anda sulit mengantuk. Sama halnya dengan zat kafein yang dapat anda temukan dalam rokok, kedua zat ini akan menurunkan kualitas tidur Anda dan tentunya akan mengurangi waktu tidur Anda.

4. Hindari Mengkonsumsi Makanan Berat Menjelang Waktu Tidur

Mengkonsumsi makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga hal ini dapat mengganggu tidur nyenyak Anda. Jika Anda merasa lapar pada malam hari, Anda bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi makanan ringan seperti susu,biskuit ataupun sereal. Untuk tidur yang nyenyak, batasi waktu makan Anda paling lambat satu jam sebelum tidur.

5. Perhatikan Lingkungan Kamar Tidur Anda

Cara tidur nyenyak yang terakhir adalah dengan menciptakan sensasi nyaman pada tempat tidur Anda akan membantu Anda untuk tidur nyenyak. Perhatikan kenyamanan ruangan Anda dan juga tempat tidur Anda. Pemilihan kasur sesuai kebutuhan Anda juga akan sangat membantu Anda. Pilihlah kasur sesuai dengan kebutuhan Anda. jika Anda memiliki masalah dengan tulang belakang, pemilihan kasur berbahan latex akan sangat direkomendasikan.

Kasur Mimpi, salah satu Kasur yang akan membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak setiap malam

MIMPI, salah satu brand Kasur Kesehatan Hadir Membantu Anda untuk Mendapatkan Tidur Nyenyak Setiap Malam

Mimpi menawarkan kasur kesehatan kualitas premium dengan harga terjangkau. Didirikan pada tahun 2016 oleh dua orang teman dari Belgia yang pindah ke Indonesia, Mimpi diproduksi di Indonesia dari bahan lokal dan Eropa, namun khusus dibuat untuk orang Indonesia.

Mimpi merupakan salah satu kasur kesehatan yang unik karena dikemas dalam kotak, yang berarti mudah dijangkau dan diatur. Dan ketika Anda memotong kemasan tertutup di dalam kotak, Anda dan anak-anak akan kagum saat melihat mimpi berkembang menjadi kasur kesehatan orthopedi penuh.

Nilai inti dari Mimpi adalah kesehatan, kemewahan dan kenyamanan. Mimpi akan memberi Anda pengalaman tidur terindah yang pernah Anda miliki. Tidur yang nyenyak adalah tujuan kami. Jadi, apakah sudah waktunya untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda dan menjalani hidup yang lebih baik, lebih produktif, dan lebih sehat?

Jika jawabannya ya, maka kunjungi www.mimpi.co.id untuk informasi lebih lanjut dan untuk mendapatkan kasur kesehatan baru bersertifikat medis dan nikmati percobaan pengembalian 100 malam kami.


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Jual Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau