Pria dan Wanita Tidur Secara Berbeda – Benarkah?

Pria dan Wanita Tidur Secara Berbeda – Benarkah?

August 05, 2020

Anda dan pasangan anda tertidur setelah beberapa saat menyentuh kasur – tetapi di situlah kesamaan tidur anda berdua berakhir. Berdasarkan penelitian biologi, pria dan wanita memiliki perbedaan dalam cara mereka tidur!

Ini semua tentang ritme sirkadian

Ritme sirkadian dikendalikan oleh area otak yang disebut hipotalamus. Faktor lain yang mempengaruhi ritme ini adalah:

  • Cahaya – mengirim pesan ke otak bahwa sudah waktunya untuk bangun
  • Kegelapan – mengirim pesan ke otak bahwa sudah waktunya tidur (itulah sebabnya tidur dalam gelap lebih baik, jadi matikan gadget dan lampu anda)
  • Pola tidur teratur

Namun ternyata ritme sirkadian pria dan wanita tidak sama persis!

Sebelum pergi tidur

Jam pria adalah sekitar siklus 24 jam penuh atau lebih, yang berarti bahwa mereka mungkin tidak terlalu merasa lelah di malam hari. Pria lebih sulit tidur cepat – yang menjelaskan mengapa banyak pria bisa kuat menonton pertandingan sepak bola atau bermain game sampai larut malam!

Di sisi lain, jam internal wanita cenderung lebih pendek dari 24 jam, membuat mereka akan merasakan lelah di malam hari dan tidur lebih awal.

Siapa yang lebih banyak bermimpi?

Jawabannya adalah… Pria.

Mimpi biasanya terjadi selama fase tidur terdalam yang dikenal sebagai REM. Kemampuan anda untuk jatuh tidur dan tetap tidur tergantung pada penurunan suhu tubuh di waktu tersebut. Kadar progesteron yang lebih tinggi selama bagian kedua dari siklus menstruasi menyebabkan suhu tubuh wanita meningkat terutama pada malam hari.

Itu berarti wanita yang berovulasi secara teratur cenderung memiliki lebih banyak kesulitan tidur dan menghabiskan lebih sedikit jam REM selama minggu-minggu menjelang menstruasi.

Bangun di pagi hari

Sementara wanita cenderung tidur lebih awal, mereka juga bangun lebih awal! Wanita cenderung bangun sebelum alarm berbunyi di pagi hari. Mereka juga secara alami lebih waspada di awal hari.

Pria lebih baik dalam hal tidur – tubuh mereka “menebus” tidur larut malam dengan mengirimkan sinyal untuk ekstra tidur di pagi hari.

Inilah sebabnya mengapa beberapa wanita dapat menyelesaikan make up mereka, memasak sarapan untuk seluruh keluarga, dan membersihkan rumah sementara suami mereka masih berada di tempat tidur sambil memeluk guling.

Mimpi menawarkan kasur Queen and King dengan harga terjangkau terbaik untuk pasangan!

Jika anda dan pasangan anda mencari tidur yang paling nyaman, kasur Queen mungkin adalah kasur ideal bagi anda. Namun, bagi mereka yang ingin lebih banyak ruang untuk menambahkan lebih banyak cinta, kasur King sangat ideal untuk tidur dengan anak atau hewan peliharaan.

Semua ukuran ini selalu tersedia di Mimpi! Pakar tidur kami akan dengan senang hati membantu jika anda tidak yakin memilih kasur mana yang terbaik untuk anda dan pasangan.

Referensi

Boivin, D. B., Shechter, A., Boudreau, P., Begum, E. A., & Ying-Kin, N. M. K. N. (2016). Diurnal and circadian variation of sleep and alertness in men vs. naturally cycling women. Proceedings of the National Academy of Sciences, 113(39), 10980-10985.

Mallampalli, M. P., & Carter, C. L. (2014). Exploring sex and gender differences in sleep health: a Society for Women’s Health Research Report. Journal of women’s health (2002), 23(7), 553–562. https://doi.org/10.1089/jwh.2014.4816


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Jual Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau