Apa yang Menyebabkan Anda Insomnia?

Tidak Bisa Tidur? Apa yang Menyebabkan Anda Insomnia?

September 03, 2021

Seringkali kita merasa jengkel jika pada saat menjelang tidur kita malah tidak bisa tidur. Situasi seperti ini membuat kita merasa sangat terganggu dikarenakan waktu yang seharusnya dihabiskan untuk istirahat malah membuat kita terjaga semalaman. Alhasil keesokan paginya kita akan terbangun dengan keadaan tubuh yang lelah dan tidak memiliki banyak tenaga untuk memulai hari. Kondisi seperti inilah yang akan mengganggu produktifitas Anda sepanjang hari.

Bila kondisi seperti ini terus dibiarkan, insomnia bisa merusak mood Anda hingga menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Oleh sebab itu, insomnia tidak bisa Anda sepelekan. Maka dari itu, untuk mengatasi penyebab insomnia ini Anda perlu mengetahui apa saja penyebab insomnia yang Anda alami untuk menyembuhkan tidak bisa tidur Anda.

Apa Itu Insomnia? | Ciri-Ciri Gejala Insomnia

Apa Itu Insomnia?

 Insomnia adalah suatu kondisi saat Anda merasa sulit tidur dengan tenang, tidak bisa tidur dengan nyenyak hingga keadaan yang mana memaksa Anda untuk terbangun tengah malam dan tidak bisa kembali tertidur. Tidak bisa tidur inilah yang membuat penderita insomnia menjadi sulit berkonsentrasi, kurang fokus hingga beresiko menurunkan daya ingat, gairah seks, dan serta bisa saja menimbulkan penyakit gangguan mental.

Insomnia merupakan sebuah penyakit gangguan tidur yang paling umum terjadi. Faktanya, penyakit ini merupakan gangguan tidur yang paling banyak diderita khususnya oleh orang dewasa. Akan tetapi, insomnia juga bisa saja terjadi pada kelompok usia berapapun dengan gejala yang hampir sama yaitu biasanya ditAndai dengan tidak bisa tidur. Selain itu, terdapat pula beberapa gejala umum lainnya yang menyertai penderita, ciri-ciri gejala insomnia tersebut ialah:

  1. Sulit memulai tidur di malam hari
  2. Kepala terasa tegang dan sakit
  3. Sering mengantuk dan kelelahan pada siang hari
  4. Sering terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur kembali
  5. Sulit fokus dan konsentrasi
  6. Bangun tidur dengan tubuh yang sangat lelah

Untuk kondisi tertentu gejala insomnia dapat hilang hanya dalam kurun waktu beberapa hari. Namun jika gejala insomnia telah berlangsung selama lebih dari seminggu dan membuat Anda tidak bisa beraktivitas dengan normal, segeralah periksakan ke dokter untuk menerima diagnosa dengan tepat.

Penyebab Insomnia yang Perlu Anda Ketahui!

Penyebab Insomnia yang Perlu Anda Ketahui

 Penyebab insomnia dapat diakibatkan dari suatu kondisi tertentu yang memungkinkan orang dewasa tidak bisa tidur dalam periode jangka waktu yang lama. Penyebab insomnia pun beragam, mulai dari faktor usia hingga situasi yang memicu pikiran dan tubuh menjadi stress.

Dilansir dari laman sleepfoundation.org, terdapat beberapa penyebab insomnia yang paling umum terjadi yaitu termasuk stres, jadwal tidur yang tidak teratur, kebiasaan tidur yang buruk, gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi, penyakit dan nyeri fisik, obat-obatan, masalah neurologis, hingga gangguan tidur tertentu. Bagi banyak orang, kombinasi dari faktor-faktor inilah yang dapat memicu dan memperburuk penyakit insomnia.

1. Stres
Penyebab insomnia paling umum pada orang dewasa biasanya dipicu oleh stress yang berkepanjangan. Stress biasanya membuat pikiran penderita menjadi tegang sehingga tidak bisa tidur dengan nyaman.

2. Jadwal Tidur Tidak Teratur
Jadwal pola tidur yang tidak teratur seperti tidur siang yang terlalu lama, sering tidur terlambat, atau memaksa diri untuk bangun terlalu awal seringkali menjadi penyebab insomnia. Hal tersebut dikarenakan tubuh kurang bisa beradaptasi dengan waktu tidur yang tidak menentu.

3. Gaya Hidup
Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum-minuman beralkohol, hingga terlalu sering mengkonsumsi kafein dapat memicu insomnia. Kafein merupakan sebuah stimulan yang dapat bertahan di sistem tubuh Anda dalam jangka waktu yang lama sehingga berpotensi menyebabkan Anda kesulitan tidur jika dikonsumsi pada sore atau malam hari. Sedangkan alkohol dapat menyebabkan Anda cepat dengan mudah mengantuk, sehingga memperburuk jadwal tidur Anda dan menimbulkan non-restorative sleep yaitu kondisi di mana seseorang dalam keadaan terjaga namun tetap merasa kelelahan walaupun sudah tidur cukup.

4. Penyakit Fisik dan Masalah Kesehatan
Hampir semua penyakit fisik dan masalah kesehatan dapat mempersulit tidur karena adanya rasa tidak nyaman. Penyakit ini juga bisa diakibatkan dari beberapa penyakit seperti diabetes dan penyakit syaraf yang membuat penderita menjadi sulit untuk tidur.

5. Obat-obatan
Penyebab tidak bisa tidur Anda juga dipengaruhi oleh adanya efek samping penggunaan obat - obatan yang Anda konsumsi. Terdapat beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan kantuk di siang hari, sehingga akan mengganggu jadwal tidur Anda di malam hari.
Tidak hanya minum obat saja yang bisa mengganggu tidur Anda. Namun ketika berhenti minum obat, tubuh Anda akan bereaksi dan membuat Anda kesulitan untuk tidur.

Cara Mengatasi Insomnia yang Paling Ampuh!

Cara Mengatasi Insomnia yang Paling Ampuh

 Pada bagian sebelumnya, Anda telah mengetahui apa saja penyebab insomnia pada umumnya. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi insomnia, salah satu cara yang paling instan adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Tapi tahukah Anda, mengonsumsi obat - obatan dalam jangka panjang juga tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, Anda harus mencari alternatif lain, agar bisa tertidur secara alami tanpa bantuan bahan kimia (baca disini: tidur nyaman secara alami)

Selain beberapa faktor penyebab insomnia diatas, insomnia juga dapat dipicu adanya faktor lain seperti suasana kamar yang tidak nyaman. Kalau insomnia ini terjadi terus menerus dan berkepanjangan cobalah untuk mengubah pengaturan kamar, mengganti lampu kamar agar lebih redup, dan memilih jenis kasur yang tepat untuk tempat tidur Anda.

Berbicara mengenai memilih kasur yang tepat. Sebuah studi dari the Journal of Chiropractic Medicine membandingkan lateks dengan kasur busa memori dan menemukan bahwa varietas lateks lebih baik mengurangi tekanan tubuh di semua posisi tidur. Hal tersebut juga berarti kasur lateks dapat menyangga tubuh dengan mengurangi titik-titik tekan pada seluruh permukaan tubuh sehingga akan memberikan sensasi nyaman yang pas.

Kasur mimpi memiliki beberapa varian kasur lateks yang dapat membantu mengatasi segala jenis gangguan tidur Anda. Kasur mimpi memiliki 3 jenis varian kasur lateks alami anti jamur dan tungau dengan spesifikasi yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kasur Mimpi merupakan kasur yang sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya kesehatan tulang belakang dan pastinya akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman karena terbuat dari bahan berkualitas. Terbuat dari lapisan latex alami grade A yang memiliki manfaat untuk kenyamanan, pendinginan dan konsistensi membal. Serta busa memori premium berketahanan tinggi untuk menopang dan menahan berat badan sehingga tubuh tidak tenggelam yang sekaligus memberikan sensasi nyaman yang luar biasa bagi tubuh Anda.

Jadi tunggu apalagi? Segera pesan kasur mimpi hanya di website Mimpi Sleep di www.mimpi.co.id dan dapatkan tidur yang nyaman yang berkualitas bersama Mimpi Sleep!


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Jual Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau