Wajib Tahu! Cara Memilih Kasur Ortopedi Yang Baik Untuk Kesehatan

Wajib Tahu! Cara Memilih Kasur Ortopedi Yang Baik Untuk Kesehatan

January 18, 2023

Kasur orthopedic dikenal sebagai kasur yang baik untuk tulang belakang. Pasalnya, kasur ini sudah didesain khusus berlandaskan proses pengujian yang berkelanjutan sehingga mampu menciptakan kasur yang dapat mendukung tulang belakang untuk tetap dalam posisi lurus saat tidur. Kasur dengan jenis ortopedi juga memiliki beberapa fitur khusus yang tidak ada pada kasur jenis lainnya. Untuk mendapatkan manfaat kasur yang berkualitas seperti ini, tentunya harus tahu terlebih dahulu, apa saja fitur-fitur dan manfaat yang ada pada kasur ortopedi yang baik ini. Berikut ulasannya.


Manfaat dari Kasur Ortopedi

Berdasarkan ulasan dari medis, banyak orang yang disarankan untuk beralih menggunakan kasur ortopedi. Meski harganya yang terbilang lebih tinggi dibanding jenis kasur lainnya, namun ada begitu banyak manfaat yang diberikan pada kasur ortopedi yang tak mungkin juga ditemukan pada jenis lainnya. Selain sangat bagus untuk tulang belakang, masih banyak manfaat lain dari kasur ortopedi yang perlu untuk Anda ketahui.


Mengurangi Gejala Alergi Pada Tubuh

Beberapa orang yang memiliki alergi terhadap sebuah material kasur sehingga tidak bisa sembarangan dalam memilih alas tidur. Maka dengan menggunakan jenis kasur yang didesain khusus untuk ortopedi, diharapkan lebih dapat mengurangi respon penolakan tubuh, baik secara ringan maupun lebih berat.


Meski tampilannya yang hampir sama dengan kasur pada umumnya, akan tetapi kasur ortopedi memiliki tekstur yang lebih padat. Tujuannya, agar meminimalisir penyerapan debu dari lingkungan sekitar. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan gatal, bersin, atau batuk karena alergi.


Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Pada bagian tulang belakang merupakan bagian tubuh manusia yang cukup penting karena sangat mempengaruhi bodi tubuh dan juga memproduksi sel darah putih. Apabila terjadi masalah, pastinya akan memberikan efek yang negatif pada kesehatan dan penampilan Anda.


Sifat kasur ortopedi yang padat dapat memberikan dampak yang sangat baik untuk kondisi tulang belakang. Jenis kasur ini tentunya dapat menopang setiap bagian tubuh secara sejajar sehingga masalah yang ada pada tulang belakang dapat diminimalisir, seperti nyeri punggung, bahu, bahkan leher.


Pereda Stres

Tidak hanya berefek pada tubuh saja, melainkan kegunaan kasur ortopedi dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini dimunculkan karena tingginya tingkat kenyamanan yang bersumber dari bahan berkualitas yang telah digunakan. Ketika seseorang merasa nyaman, meskipun hanya tidur dengan durasi yang sebentar, tapi efeknya jauh lebih baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Bukan hanya itu saja, jenis kasur ini juga bisa membuat aliran darah semakin lancar di bagian otak dan area vital lainnya.


Menjaga Tidur Tetap Berkualitas

Jenis kasur ini tentunya dapat menjaga kualitas tidur Anda supaya tetap terjaga karena kenyamanan yang diberikan pada seluruh tubuh. Tidur yang berkualitas pun menjadi hal yang paling penting dan perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh dan organ dalam. Maksud tidur yang berkualitas bukan dinilai dari durasi tidur yang lama, melainkan mempertimbangkan efek baiknya setelah bangun tidur. Ketika Anda tidur lama tapi kurang berkualitas, setelah bangun biasanya akan merasa tetap lelah bahkan bisa pusing. Jika demikian pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda karena mood yang menurun drastis.


Meningkatkan Kenyamanan Tidur

Sebagian besar dari jenis kasur memiliki tingkat elastisitas yang tinggi, ketika terdapat beban berat di atasnya maka akan mengempis dengan sendirinya. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama,  hal ini tentu membuat kenyamanannya menjadi berkurang, bahkan sampai menimbulkan masalah pada kesehatan. Ketika alas tidur tersebut kurang nyaman, efek umum yang muncul pastinya punggung menjadi terasa ngilu dan badan tetap capek meski sudah istirahat dalam jangka waktu cukup lama. Penggunaan kasur yang didesain khusus untuk kesehatan ini pasti bisa menjadi solusi terbaiknya. 


Jenis material kasur ortopedi

Kasur ortopedi menggunakan tiga jenis bahan untuk mengisi bagian dalamnya, yaitu pegas, busa, dan latex. Tiap bahan pastinya punya karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Agar Anda lebih mudah menentukan pilihan, mari cari tahu perbedaan jenis pada ketiga material ini.


Per maupun pegas, tidak akan mengempis meski sudah lama digunakan

Penggunaan material pegas atau spring bed menjadikan kasur lebih sedikit membal. Meski begitu, kasur ortopedi ini pasti akan tetap terasa keras di bagian atasnya. Per yang menjadi penyokong membuat kasur makin kokoh untuk menopang tubuh. Kasur ortopedi dengan material per biasanya masih dilapisi material lain di bagian atas dan bawah, misalnya busa yang padat.


Selain itu, kasur ortopedi yang berbahan per tidak akan mengempis meski digunakan dengan terlalu lama. Kasur ini juga kuat untuk menopang tubuh yang lebih berat. Keunggulan lain dari kasur ortopedi dengan material ini yaitu desainnya yang sangat elegan dan modern, terlebih produknya yang full set. Spring bed memang sangat cocok untuk melengkapi interior kamar Anda.


Busa, berbobot ringan sehingga memudahkan pembersihan

Kasur yang menggunakan material busa pastinya banyak diminati karena bobotnya yang begitu ringan. Dengan bobot yang begitu ringan tentu akan memudahkan Anda memindahkan kasur ini ketika akan dibersihkan.


Kasur ortopedi berbahan busa bisa jadi alternatif untuk Anda dengan masalah pada tulang punggung karena harganya yang terjangkau. Kasur ini tentu tidak terlalu empuk seperti kasur busa yang biasa.


Material busa yang digunakan untuk kasur ortopedi sangat beragam, seperti memory foam, busa polyurethane, dan busa gel memory foam. Jika Anda ingin membeli kasur yang awet dan tidak mudah kempes, pastikan untuk memilih kasur busa dengan densitas yang tinggi.


Latex, memiliki daya tahan yang tinggi

Jika Anda mencari kasur ortopedi yang berkualitas tinggi, pilihlah kasur berbahan latex. Latex merupakan salah satu material yang alami dari getah karet. Penggunaan material alami ini akan membuat kasur lebih awet dan tidak mudah sobek, bahkan hingga belasan tahun lamanya. Selain itu, kasur dari latex lebih unggul karena bebas dari jamur, tungau, hingga bakteri.


Kelebihan lain dari kasur latex yaitu sangat stabil dan tidak terpengaruh terhadap gerakan. Sayangnya kasur ortopedi dari latex biasanya dijual dengan harga lumayan tinggi. Oleh sebab itu, kasur ini dilapisi dengan material lain untuk menekan harganya yang tinggi, seperti busa dan juga pegas. Meskipun begitu, kenyamanan tidur di kasur latex pastinya tetap akan Anda rasakan.


Cara memilih kasur Ortopedi yang baik untuk kesehatan tubuh

Tidur yang nyenyak pasti akan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Anda bisa mendapatkan kenyamanan saat tidur dengan lebih memperhatikan hal-hal yang menunjang untuk tidur, salah satunya dengan kasur yang Anda pakai.

Ingat, memilih kasur tentunya tidak boleh sembarangan. Pasalnya, pilihan kasur yang tidak tepat bisa membuat badan Anda akan nyeri saat bangun tidur. Pada akhirnya membuat Anda susah untuk tidur di malam hari dan juga kurang tidur keesokkan harinya.

Agar Anda tidak salah untuk menjatuhkan pilihan, simak langkah-langkah berikut untuk memilih kasur ortopedi yang baik bagi kesehatan tubuh berikut ini.


Ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan luas kamar

Poin pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih kasur ortopedi yaitu ukurannya. Anda pastinya harus menyesuaikan ukuran kasur dengan kebutuhan dan juga luas kamar Anda. Jangan sampai kasur yang Anda beli terlalu besar sehingga tidak bisa muat untuk kamar Anda. Berikut ini ragam ukuran kasur ortopedi beserta sasaran penggunanya.

  • Ukuran 90–100 cm x 200 cm (single size): Untuk Anda yang single atau tinggal seorang diri
  • Ukuran 120 cm x 200 cm (double size): Untuk satu orang dewasa yang ingin tidur lebih leluasa
  • Ukuran 160 cm x 200 cm (queen size): Untuk dua orang dewasa dengan kamar yang standar
  • Ukuran 180 cm x 200 cm (king size): Untuk dua orang dewasa dengan kamar yang luas
  • Ukuran 200 cm x 200 cm (super king size): Untuk dua orang dewasa dengan dua orang anak

Nah, itulah beberapa cara memilih kasur ortopedi yang baik untuk kesehatan. Dalam artikel ini merekomendasikan kasur Orthopedic keluaran merk Mimpi Sleep. Bagi yang baru mendengarnya, Mimpi Sleep merupakan penyedia kasur orthopedic yang terbuat dari latex alami berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk kebutuhan tipe kasur lainnya, Anda bisa cek di Katalog Mimpi Sleep. Ada berbagai tipe, model, dan ukuran secara lengkap.

0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!