Dampak berbahaya dari stress bagi kesehatan

Dampak Stress Berkepanjangan Pada Tubuh Anda

January 22, 2022

Stress merupakan kondisi umum yang dirasakan semua orang. Ini biasanya lahir dari tekanan atau perasaan cemas saat penderita dihadapkan pada kondisi tertentu.

Meski secara garis besar stress terdengar sebagai hal yang biasa terjadi, situasi ini tidaklah bisa disepelekan. Stress berkepanjangan akan menimbulkan masalah kesehatan yang vital sampai dengan mempengaruhi pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan stress berkepanjangan menyerang cara berpikir seseorang untuk merespon suatu hal, lalu lambat laun bisa menimbulkan depresi dan penyakit psikis lainnya.

Pentingnya Manajemen Stress dan Membangun Kembali Gaya Hidup Sehat

Saat Anda tidak bisa lagi menghindari stress berkepanjangan, cobalah untuk mengupayakan manajemen stress agar Anda bisa mengembalikan gaya hidup sehat yang Anda butuhkan.

Secara garis besar kondisi ini juga dikaitkan dengan masalah-masalah yang ditimbulkan dari dalam diri atau akibat faktor luar seseorang.

Meski terkadang stress tidak dapat dihindarkan atau dikendalikan, Anda bisa mengupayakan banyak hal untuk menjauhkan diri dari dampak gangguan psikologis yang ditimbulkan stress.

Jangan tunggu sampai Anda benar-benar terjebak dalam mimpi buruk ini dan mulailah terapkan manajemen stress berikut ini.

Untuk menerapkan gaya hidup sehat, Anda memerlukan kegigihan dan konsistensi. Menurut SehatQ, Anda disarankan untuk menerapkan 4A: yakni avoid, alter, adapt dan accept.

  1. Avoid atau menghindari

    Anda disarankan untuk menghindari sumber stress, baik itu pekerjaan, orang atau lingkungan terdekat Anda. Dengan menghindari masalah, Anda juga terhindar dari perasaan negatif yang tidak diinginkan.
  2. Alter atau mengubah

    Pada tahap ini, Anda bisa mencoba untuk mengubah gaya hidup Anda ke gaya hidup sehat, selain itu Anda juga bisa memperbaiki lingkungan sosial Anda. Cobalah untuk mengatur ulang jadwal berkerja Anda dan temukan waktu untuk beristirahat dan bersenang-senang. Bangun kondisi yang lebih baik untuk menjaga suasana hati Anda dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang Anda sukai di tengah rutinitas padat Anda.
  3. Adapt atau beradaptasi

    Beradaptasi pada lingkungan kerja Anda dengan mengembangkan sikap positif pada apapun yang terjadi bisa mengurangi keluhan stress Anda.
  4. Accept atau menerima

    Dengan menerima keadaan di lingkungan kerja secara lapang dada, Anda tidak akan berekspektasi terlalu besar sehingga Anda akan terhindar dari kekecewaan. Menerima adalah bagian dari memaafkan diri sendiri, banyak hal yang tidak bisa diubah dalam kehidupan,dan menerima adalah jalan tengah yang bisa Anda ambil untuk mempertahankan sikap positif.
Gejala stress yang patut Anda ketahui

Apa Itu Stress dan Dampaknya Pada Tubuh Anda?

Stress adalah suatu kondisi yang menekan emosional, psikis sampai dengan fisik. Gejala stress beragam bagi tiap orang, namun ketika Anda memiliki stress yang kronis hal ini dapat melemahkan daya tahan tubuh dan menyerang kekebalan fisik, sehingga penderita dengan gejala stress lebih mudah terpapar virus atau penyakit lain.

Stress seringkali disepelekan sebagai hal yang umum, tetapi yang tidak diketahui banyak orang bahwa stress berkepanjangan juga menyebabkan masalah tidur, insomnia dan banyak hal yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya.

Gejala stress ditandai dengan skala ringan sampai serius. Perhatikan beberapa hal di bawah ini dan sadari keluhan Anda:
  1. Gejala stress yang paling sering dijumpai ditandai dengan perubahan suasana hati secara berkala, gelisah dan yang paling parah adalah depresi.
  2. Gejala fisik yang mungkin Anda alami adalah sakit kepala, migren yang konsisten, jantung berdebar dan gangguan menstruasi pada perempuan.
  3. Gangguan tidur seperti insomnia atau sering terbangun pada malam hari dan mimpi buruk berkepanjangan juga harus Anda ambil serius.

Anda harus segera memulai gaya hidup sehat untuk menghindari ketiga faktor kesehatan di atas. Gaya hidup sehat sendiri harus dimulai dengan konsistensi dan kegigihan. Lingkungan yang sehat dan nyaman menjauhkan Anda dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Selain Itu Anda bisa mengembalikan lagi potensi dalam diri Anda tanpa hadirnya rasa gelisah.

Penyebab stress sendiri beragam untuk setiap orang, mulai dari masalah eksternal sampai dengan internal. Namun penyebab stress berkepanjangan sering timbul akibat beberapa hal di bawah ini:

  1. Lingkungan kerja atau lingkungan rumah
    Anda tumbuh di lingkungan yang tidak sehat untuk kesehatan mental Anda.
  2. Trauma masa kecil
    Ada trauma masa kecil yang masih muncul hingga sekarang, yang membuat Anda kesulitan dalam memiliki ketenangan atau rasa damai dengan diri Anda sendiri.
  3. Penyakit yang sulit disembuhkan
    Anda memiliki penyakit kronis yang sampai sekarang tidak bisa disembuhkan yang membangun frustasi yang besar.
  4. Masalah internal seperti masalah percintaan atau keuangan
    Anda baru saja putus cinta atau sedang mengalami kesulitan finansial, terjebak hutang dan banyak lagi.

 

Pekerjaan adalah faktor umum munculnya stress.

Cara Mengatasi Stress dengan Mudah

Dalam pandemi yang sedang terjadi, tingkat orang yang mengalami stress meningkat secara drastis. Hal tersebut diakibatkan karena banyak hal, dari kehilangan pekerjaan, ketakutan, kecemasan dan lain-lain.

Stress bisa Anda atasi dengan mengusahakan beberapa hal yang KOMPAS sarankan dan bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Manajemen stress ini akan membantu Anda dalam mengembalikan kesehatan mental Anda.

  1. Meditasi
    Meditasi adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan untuk mengatasi stress Anda. Anda hanya memerlukan fokus dan kemauan yang kuat. Mulailah dengan duduk dan mencari posisi ternyaman Anda dan latih pernapasan Anda. Mulai dengan menarik napas sesuai irama dan hembuskan pelan-pelan. Lakukan hal ini secara rutin dan Anda akan mendapatkan kembali ketenangan Anda.
  2. Berolahraga ringan
    Lakukan olahraga ringan di rumah, mulai dengan pemanasan dan buat otot-otot Anda rileks. Anda tidak perlu memforsir fisik Anda dengan datang ke gym setiap hari, mulailah dengan olahraga sederhana seperti jalan santai atau lari.
  3. Mulailah mengkonsumsi makanan sehat
    Makanan sehat tidak hanya baik untuk kondisi fisik Anda, tetapi baik juga untuk kondisi psikis Anda.

 

Kasur Terbaik untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Setelah Anda berhasil menerapkan manajemen stress di atas dan masih merasa gelisah, cobalah untuk mengulik lebih jauh kondisi kesehatan Anda.

Sudah hal umum bahwa stress bisa mengakibatkan gangguan tidur yang vital. Selain karena meningkatnya rasa cemas, tekanan pada punggung di beberapa titik tubuh Anda bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman sehingga Anda kehilangan waktu berharga untuk beristirahat.

Kehilangan waktu tidur sama dengan kehilangan momen terpenting di hidup Anda karena tidur merupakan hal yang amat krusial yang dibutuhkan setiap individu. Menjaga waktu dan lingkungan tidur Anda amatlah penting dalam mengatasi stress.

Namun, bukan berarti masalah itu tidak bisa diatasi.

 Kasur Mimpi membantu Anda mengurangi gangguan stress.

Kasur Mimpi menghadirkan kasur latex terbaik yang dirancang sepanjang masa. Dengan ketebalan dan kekukuhan yang sempurna. Kasur Mimpi memberikan pengalaman paling nyaman saat Anda berbaring di atasnya. Para pelanggan setia Mimpi memberikan komentar bahwa mereka merasa seperti tidur di atas awan.

Kasur Mimpi menjauhkan Anda dari waktu tidur yang mengkhawatirkan. Anda tidak akan terbangun dengan perasaan gelisah karena Kasur Mimpi dibuat dengan teknologi modern. Suhu yang pas dan nyaman terjaga dalam permukaan kasur sehingga Anda bisa terlelap dalam kondisi apapun.

Kasur Mimpi terdiri dari lapisan lateks natural premium yang menjauhkan Anda dari stress. Membuat Anda terjaga sepanjang malam tanpa tekanan maupun masalah tidur lainnya. Kasur Mimpi adalah kasur yang sempurna bagi Anda si pejuang gaya hidup sehat, segera dapatkan kenyamanan tak terhingga dan rasakan manfaat tidur bagi kesehatan mental Anda. Kunjungi juga Official Market Place Mimpi Di Shoppe, Tokopedia dan Lazada


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!