Kebiasaan Tidur yang Baik Mempengaruhi Produktivitas Anda

Kebiasaan Tidur yang Baik Mempengaruhi Produktivitas Anda

April 01, 2021

Pernahkah Anda merasa lelah dan mengantuk saat bekerja, tidak dapat berpikir dan berfungsi dengan baik karena memiliki kebiasaan tidur yang buruk? Kita hidup di dunia di mana budaya kerja mengglobal dan sangat berkaitan dengan pola pikir pekerja keras, yang dituntut "selalu aktif". Orang-orang tampaknya menghabiskan lebih banyak waktu di tempat kerja dalam keadaan memiliki kebiasaan tidur yang buruk, dan tidak menyadari bahwa banyak manfaat tidur yang berpengaruh pada produktivitas. Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, tetapi ada banyak efek buruk dari memiliki kebiasaan tidur yang buruk yang nantinya akan berdampak bagi kesehatan fisik dan mental Anda.

Tidur yang cukup seharusnya tidak dianggap sebagai kemewahan, tetapi sebagai kebutuhan dan prioritas. Setiap orang harus memastikan bahwa mereka mendapatkan tidur yang nyenyak dan memiliki jumlah jam tidur yang cukup setiap malam agar dapat berfungsi dengan optimal di siang hari. Efek dari buruknya kebiasaan tidur tidak boleh dianggap sepele karena dapat menyebabkan efek jangka panjang.

Dalam lingkungan kerja profesional, penelitian menunjukkan bahwa efek memiliki kebiasaan tidur yang buruk adalah "ancaman tersembunyi" yang perlu diperhatikan perusahaan, karena kesejahteraan karyawan harus selalu menjadi prioritas. Karyawan harus memiliki jam tidur yang cukup agar dapat menjalankan setiap aktivitasnya dengan baik.

Jadi, bagaimana kebiasaan tidur yang buruk mempengaruhi Anda dan produktivitas kerja Anda? Bagaimana hal itu mempengaruhi kesejahteraan Anda secara keseluruhan? Dan yang lebih penting, bagaimana Anda dapat meningkatkan kebiasaan tidur Anda dan mendapatkan tidur yang cukup?

Sleep Peacefully at Night

Manfaat Tidur Siang dan Tidur Malam

Memiliki kebiasaan tidur yang baik akan memberikan segudang manfaat untuk kesehatan mental dan fisik kita. Tidur siang dapat membantu anda meningkatkan konsentrasi serta kewaspadaan Anda. Memiliki jam tidur siang yang cukup dapat meningkatkan tenaga serta dapat memperlancar aliran darah diseluruh tubuh terutama memperlancar aliran darah ke otak yang merupakan salah satu sistem saraf pusat di tubuh Anda. Selain membantu menjaga kesehatan tubuh, tidur siang juga dapat mengubah suasana hati, menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya ingat dan tentunya akan menambah jam tidur Anda

Sama halnya dengan tidur siang, tidur malam juga memiliki segudang manfaat. Tidur malam akan membantu tubuh Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang nantinya akan menghasilkan antibodi dan sitokin yang akan memberikan perlindungan terhadap tubuh Anda dari bakteri dan virus. Manfaat tidur nyenyak di malam hari adalah dapat membantu tubuh secara maksimal untuk mempersiapkan diri kembali berfungsi dengan baik keesokan hari.

Jam Tidur yang Baik dan Ideal

Seringkali Anda tidak mengindahkan waktu tidur. Padahal, dengan mengetahui jam tidur ideal kita, kita akan mudah untuk mengatur waktu kita agar mendapatkan tidur yang cukup. Biasanya, orang-orang akan mulai tidur lebih awal di malam hari dan bangun di pagi hari. National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa jam tidur yang baik dimulai pukul 08:00 malam hingga tengah malam. Namun, penting Anda ketahui bahwa tiap orang memiliki jam tidur ideal yang berbeda-beda. Seiring bertambahnya usia, maka kebutuhan waktu tidur seseorang semakin berkurang. Menurut National Sleep Foundation, inilah rekomendasi jam tidur yang ideal sesuai dengan rentang usia Anda;

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 12-15 jam per hari
  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam per hari
  • Balita (1-5 tahun): 10-14 jam per hari
  • Anak  (6-13 tahun): 9-11 jam per hari
  • Remaja (14-20 tahun): 7-9 jam per hari
  • Dewasa (20-59 tahun): 7-9 jam per hari
  • Lansia ( 60 tahun keatas): 7-8 jam per hari.

Cara Mengatasi Gangguan Tidur

Meskipun sebagian besar orang yang memiliki kebiasaan tidur yang buruk pada umumnya mereka menyadari masalah tidur mereka, namun beberapa orang mungkin tidak. Informasi penting yang perlu diketahui adalah bahwa sebagian besar gangguan tidur dapat diobati setelah didiagnosis. Banyak orang yang masih belum memahami cara tidur nyenyak yang sesungguhnya.  Cara tidur nyenyak dapat kita lakukan mulai dari hal-hal yang simple terlebih dahulu.

Mendokumentasikan rutinitas tidur Anda setiap hari selama satu hingga dua minggu akan membantu mengidentifikasi pola atau kondisi apa pun yang dapat menyebabkan defisit tidur Anda. Ini juga bagus untuk dimiliki jika Anda memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gangguan tidur.

Mimpi Doctor

Ada banyak cara untuk membantu Anda meningkatkan kebiasaan tidur Anda. Cara tidur nyenyak yang jelas adalah menjaga disiplin waktu untuk jadwal tidur dan bangun Anda, termasuk di akhir pekan. Anda juga dapat membuat rutinitas waktu tidur harian yang menenangkan seperti mandi air panas, bermeditasi, membaca buku, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Berhentilah makan setidaknya dua hingga tiga jam sebelum waktu tidur Anda. Berolahraga secara rutin juga membantu memperbaiki kebiasaan tidur, meski disarankan untuk menyelesaikan olahraga Anda beberapa jam sebelum waktu tidur. Hindari kafein termasuk kopi, teh, soda, dan coklat, serta nikotin yang ditemukan dalam rokok dan produk tembakau menjelang waktu tidur.

Mimpi Ideal Sleep Environment

Cara tidur nyenyak selanjutnya adalah jangan minum alkohol sebelum tidur! Sebagai obat anti-depresan, banyak yang beranggapan bahwa alkohol adalah penenang dan dapat membantu seseorang tidur, tetapi sekarang terbukti bahwa alkohol merusak kualitas tidur Anda dengan menghalangi kemampuan Anda untuk tidur dengan Rapid-Eye-Movement (REM), yang juga dikenal sebagai mimpi. Ini adalah kondisi tidur yang dibutuhkan otak Anda untuk pemulihan yang benar-benar penuh. Hal yang sama berlaku untuk zat lain seperti ganja atau obat-obatan.

Salah satu tujuan utamanya adalah untuk menjaga 'ritme sirkadian' yang stabil - ritme sirkadian adalah proses internal alami yang mengatur siklus tidur-bangun. Ini mengontrol siklus kewaspadaan dan kantuk, dipengaruhi oleh cahaya, suhu, dan ketersediaan makanan. Jadi mengurangi waktu layar sebelum tidur akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Cara tidur nyenyak yang terakhir adalah dengan menciptakan lingkungan tidur ideal yang sejuk, tenang, gelap, dan nyaman. Kasur yang nyaman telah dikenal dapat membantu mengatasi masalah tidur, jadi cobalah untuk tidur di atas kasur yang mendukung, nyaman, dan bebas alergen dengan bantal empuk untuk kasur memberi tahu pikiran dan tubuh Anda bahwa berada di tempat yang aman dan dapat dimatikan dengan nyaman. 

Gangguan tidur bisa diatasi dengan dengan tempat tidur premium dari Kasur Mimpi. Kasur Mimpi akan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur terbaik Anda. Busa yang sangat dingin dapat membantu mengurangi ketegangan dan permukaan yang kokoh terbukti secara ilmiah membantu memperbaiki postur punggung Anda.

Mimpi akan memberi Anda formula terbaik dan modern mereka. Di buat di Belgia dengan menggunakan premium latex grade A, dan menggunakan bahan tambalan berketahanan tinggi yang akan membantu Anda bangun tidur dalam keadaan segar. Coba Mimpi sekarang dan rasakan sensasi tidur di atas awan bersama Mimpi!


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Jual Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau