Teknik Pernapasan 4-7-8 Untuk Atasi Susah Tidur

Teknik Pernapasan 4-7-8 Untuk Atasi Susah Tidur

October 19, 2022

Tidur merupakan unsur penting dalam hidup, tidur yang berantakan dapat mengakibatkan menurunnya produktivitas, fungsi otak dan juga dapat meningkatkan risiko penyakit pada orang dewasa dan anak-anak.

Teknik pernapasan 4-7-8 diciptakan oleh profesor fakultas kedokteran di University of Arizona, dr. Andrew Weil. Ia terinspirasi oleh teknik yoga yang disebut Pranayama. Pranayama sendiri adalah teknik mengontrol pernapasan dalam yoga yang sudah dilakukan sejak lama.

Teknik pernapasan 4-7-8 ini sangatlah sederhana & tidak memakan waktu. Menurut dr. Weill, teknik ini dapat membantu orang mengantuk, bahkan tertidur dalam waktu kurang lebih 60 detik. 

 

Berikut langkah untuk melakukan teknik pernapasan 4-7-8: 

  1. Keluarkan nafas seperti hendak mengosongkan udara dari dalam paru-paru
  2. Tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 detik
  3. Tahan napas selama 7 detik. 
  4. Keluarkan napas melalui mulut Anda dalam satu napas, buat suara mendesing selama 8 detik. 
  5. Tarik napas lagi dan ulangi siklus di atas sebanyak 3 kali.

Dr. Weil tidak merekomendasikan teknik ini diulang lebih dari 4 kali dalam satu sesi kecuali jika memang sudah terbiasa melakukan teknik ini.

 

Manfaat Dari Teknik Pernapasan 4-7-8

Teknik pernapasan ini dapat membuat tubuh mengambil dan mempertahankan lebih banyak oksigen dari udara yang akan menenangkan sistem saraf dan otak sehingga rasa ngantuk akan datang dengan sendirinya.

Selain dapat membantu kita untuk tidur lebih cepat, teknik ini juga dapat membantu untuk mengurangi stress lho!

  

Pilih kasur terbaik untuk tidur lebih nyenyak

Kasur mimpi bisa menjadi kunci bagi Anda untuk menemukan cara mengatasi insomnia secara alami dan juga solusi terbaik untuk masalah tidur Anda. Jelajahi pilihan kasur kami hari ini. Semuanya hadir dengan uji coba gratis 100 malam, pengiriman gratis di sebagian besar wilayah Indonesia, dan garansi 10 tahun. Pesan sekarang melalui Marketplace Shopee, Tokopedia, dan Lazada atau website kami www.mimpi.co.id

 


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!