Tidur dan Puasa: Tips untuk tidur yang lebih baik selama bulan Ramadhan

Tidur dan Puasa: Tips untuk tidur yang lebih baik selama bulan Ramadhan

April 06, 2022

Bagi yang menjalankan puasa saat bulan Ramadhan, maka jadwal dari aktivitas tidur akan mengalami perubahan. Artinya, waktu kerja, persiapan sahur, masak untuk buka puasa dan waktu untuk istirahat, kembali perlu disesuaikan. Perlu diingat, tidur itu sama pentingnya dengan menjaga asupan saat berpuasa.

Menurut praktisi kesehatan tidur, dr Andreas Prasadja, kemampuan otak seperti konsentrasi, ketelitian, stabilitas emosional, kemampuan ambil keputusan, hanya dibangun saat kita tidur. Sebaliknya, kecerobohan bisa meningkat tajam ketika seseorang kurang tidur. Untuk itu, jangan sampai jadwal tidur yang berubah membuat kualitas tidur dan harimu berantakan.

Tips terbaik untuk tidur nyenyak selama bulan Ramadhan

Berikut adalah 5 tips terbaik untuk tidur yang lebih baik selama bulan Ramadhan untuk keluarga Mimpi.

Atur pola tidur 

Anda dapat mengatur pola tidur yang disesuaikan dengan rutinitas selama Ramadhan untuk menjaga kualitas tidur. Dengan demikian, kita akan bangun dan tidur di waktu yang teratur selama sebulan beribadah. Cara ini membuat tubuh memiliki ritme tersendiri sehingga tidur lebih nyenyak dan berkualitas, usahakan untuk terus menjaga jadwal tidur tersebut tetap teratur selama sebulan agar lebih efektif.

Usahakan tidur dengan durasi normal 

Usahakan untuk tidur mendekati durasi yang ideal yakni sebayak tujuh sampai delapan jam per hari. Jika sulit diwujudkan, Anda dapat membaginya dalam dua bagian.  Pertama, tidur selama setidaknya empat jam setelah salat tarawih hingga menjelang waktu sahur. Setelah itu, cobalah untuk tidur beberapa jam lagi untuk melengkapi kekurangannya. Namun tidur pendek yang terlalu sering tidak disarankan karena kualitasnya tidak optimal.

Tidur siang 

Tidur siang saat berpuasa bisa menjadi cara mengembalikan energi dan konsentrasi yang menurun. Pastikan untuk mengatur alarm agar hanya tidur siang selama sekitar 20 sampai 60 menit. Pasalnya, tidur siang yang terlalu panjang hanya akan membuat pusing dan tubuh bertambah lesu. Tidur siang di ruangan yang gelap atau minim cahaya juga bisa meningkatkan efektivitasnya.

Mengatur ruangan tidur

Supaya tidur lebih nyenyak Kamar tidur yang tenang dan cenderung gelap merupakan lokasi yang ideal untuk tidur berkualitas. Pastikan pula kita menghindari paparan gadget sebelum tidur, seperti laptop, smartphone, dan televisi. Sudah jadi hal umum bahwa cahaya radiasi dari layar gadget bisa mengganggu kualitas tidur kita. Tidak lupa Kasur yang anda gunakan akan berpengaruh terhadap kualitas tidur, pastinya berbagai macam Kasur lateks dari Mimpi Sleep dapan memaksimalkan kualitas tidur Anda.

Menjaga pola makan

Menjaga pola tidur juga dapat dilakukan dengan menjaga pola makan selama berbuka dan sahur. Hindari makanan yang tinggi kalori atau gula saat berbuka puasa, karena dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras sehingga mengganggu kualitas tidur. Terbiasa mengkonsumsi makanan pedas juga dapat memicu sakit perut dan gas berlebih yang mengakibatkan kesulitan tidur saat malam hari.

Pilih kasur terbaik untuk kualitas tidur terbaik

Jadi mengatur ulang jadwal tidur dan memperhatikan pola makan makanan sehat dan tidur yang cukup adalah kunci agar kualitas tidur tetap terjaga saat Ramadhan. Untuk itu, pertimbangkan juga untuk menggunakan kasur berkualitas baik untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Kasur Mimpi adalah kasur premium yang terbuat dari bahan latex alami pilihan yang didatangkan dari produsen terbaik di Eropa, dan dirakit di Indonesia. Kasur Mimpi memiliki 4 jenis kasur yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, yaitu Mimpi Lite 15 cm, Mimpi Lite 25 cm, Mimpi Original, dan Mimpi Luxury. Kasur Mimpi memiliki jenis bahan latex alami dengan berbagai manfaat mulai dari anti jamur, anti alergi, hingga baik untuk kesehatan tulang belakang.


Kasur mimpi bisa menjadi kunci bagi Anda untuk menemukan cara mengatasi insomnia secara alami dan juga solusi terbaik untuk masalah tidur Anda. Jelajahi pilihan kasur kami hari ini. Semuanya hadir dengan uji coba gratis 100 malam, pengiriman gratis di sebagian besar wilayah Indonesia, dan garansi 10 tahun.


Jadi cobalah Mimpi Kasur hari ini, bebas risiko. Dan jika menurut Anda kasur Mimpi kurang cocok untuk Anda, kirimkan kembali, tanpa pertanyaan, gratis. Dapatkan diskon hingga 30% selama Ramadan Special Sale di Mimpi dan juga dapatkan gratis bantal latex untuk setiap pembelian kasur Mimpi. Promo ini hanya terbatas hingga 16 April, jadi apalagi yang Anda tunggu? Pesan sekarang di mimpi.co.id.

0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!