Wajib Tahu! 10 Tips Saat Membeli Merk Kasur Terbaik Di Pasaran

Wajib Tahu! 10 Tips Saat Membeli Merk Kasur Terbaik Di Pasaran

January 18, 2023

Banyak orang bilang bahwa kasur adalah salah satu investasi jangka panjang untuk kesehatan. Mengapa demikian? Karena pada umumnya, kamu akan memakai kasur yang sama selama 10 tahun atau bahkan lebih.

Dengan demikian, kamu tidak bisa sembarang dalam memilih atau membeli sebuah kasur. Kasur yang berkualitas tentunya akan memperbaiki kualitas tidur kamu. Apabila kualitas tidur kamu tiap malamnya sudah tercukupi, maka kamu akan semakin produktif di siang harinya.

Jika kamu tidak ingin salah dalam membeli kasur, yuk simak beberapa tips saat membeli merk kasur yang bagus di bawah ini.

1. Pertimbangkan posisi tidur

Tiap orang tentu memiliki posisi tidur yang berbeda-beda. Nah, kebiasaan tidur kamu akan mempengaruhi jenis kasur yang harus kamu gunakan. Jika biasanya kamu tidur dengan posisi terlentang, tentunya berat tubuh akan berada pada tulang punggung bagian belakang sehingga membutuhkan sandaran punggung yang tepat.

Jika menggunakan kasur dengan permukaan yang terlalu keras, maka akan berdampak ketegangan pada bahu dan punggung bagian bawah. Tapi, jika kamu menggunakan kasur dengan permukaan yang terlalu lembut, pinggul kamu dapat tenggelam dan tidak sejajar dengan bahu dan tentunya mengakibatkan nyeri pada tulang belakang.

Lalu, jika kamu juga suka tidur dengan posisi terlentang maka sebaiknya kamu membeli kasur dengan kekerasan dalam tingkat sedang. Kamu bisa menambahkan bantal di belakang leher agar lebih nyaman lagi ketika tidur.Jika kamu terbiasa tidur dengan menyamping, maka kamu butuh penopang pada bagian bahu dan pinggul.

Disarankan kamu memilih kasur dengan tingkat kekerasan lembut atau medium firm yang bisa mengikuti bentuk tubuh supaya dapat memberikan rasa nyaman saat di malam hari. Jenis kasur ini juga dapat mengurangi nyeri bahu dan pinggul yang mungkin saja muncul ketika kamu tidur dalam waktu yang lama.

Sementara itu, jika kamu terbiasa tidur dengan posisi tengkurap, maka dianjurkan membeli kasur dengan tingkat kelembutan yang paling tinggi yang bisa mengikuti bentuk tubuh untuk memberikan rasa nyaman saat malam hari. Jenis kasur yang seperti ini akan dapat membantu mengurangi nyeri pada bagian bahu dan pinggul yang mungkin saja muncul jika kamu tidur cukup lama.

2. Sesuaikan jenis bahan kasur dengan kebutuhan

Tips yang berikutnya yaitu melihat dari bahan kasur yang digunakan. Sekarang ini begitu banyak jenis alas tidur yang bisa kamu temukan di pasaran seperti memory foam, lateks, dan spring bed. Dari ketiga jenis alas kasur tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. 

Untuk jenis memory foam, jenis alas tidur ini terbuat dari susunan lapisan busa yang padat dan juga bervariasi. Jadi, kasur jenis tersebut akan dapat menyesuaikan kontur tubuh dan membuat posisi tidur lebih baik.

Untuk jenis lateks yang terbuat dari material alami dan hampir menyerupai memory foam. Bedanya, lateks berbahan lebih kokoh dan bisa untuk mengatasi masalah yang ada di bagian punggung.

Terakhir ada spring bed, jenis alas tidur ini tersusun dari rangkaian baja pegas yang berbentuk spiral. Biasanya, bahan spring bed memiliki lapisan busa yang tebal pada bagian atas dan cukup nyaman untuk menopang tubuh pada bagian belakang.

3. Sesuaikan kelembutan kasur

Ketika kamu ingin membeli kasur, indikator kelembutan kasur sangat wajib menjadi pertimbangan utama. Pada umumnya, kriteria kasur sesuai tingkat kelembutan akan disesuaikan dengan kebiasaan tidur dan berat badan kamu. Adapun pembagiannya sebagai berikut:

Tingkat kelembutan soft: direkomendasikan untuk kamu yang sering tidur dengan posisi menyamping dan berat badan di atas 58 kg.Tingkat kelembutan medium: direkomendasikan untuk kamu yang sering tidur dengan posisi terlentang maupun tengkurap, dengan berat badan kurang dari 100 kg.

Tingkat kelembutan firm: direkomendasikan untuk kamu yang sering tidur dengan posisi tengkurap ataupun terlentang dengan berat badan setidaknya 58 kg.

4. Pertimbangkan luas kamar

Kamu harus mempertimbangkan luas kamar terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli kasur. Pastikan untuk ukuran kasur tidak lebih besar daripada luas kamar. Mengingat, kasur yang terlalu besar dapat membuat kamar kamu tampak sumpek, sempit, dan akan membuat kamu sulit untuk lalu-lalang. Apalagi jika kamu tinggal di kamar yang bergaya minimalis dan dikelilingi banyak perabotan lainnya.

Jika kamu tetap ingin memilih kasur yang lebar, lebih disarankan untuk menggunakan dipan dengan laci atau yang bisa dilipat menjadi lemari. 

5. Pilihlah ukuran kasur yang nyaman

Setelah kamu mengetahui luas ruang kamar tidur kamu, selanjutnya silahkan pilih ukuran kasur yang paling tepat. Jika kamu hanya tidur sendirian, lebih disarankan untuk memilih kasur single bed dengan ukuran 90×200 cm.

Namun, jika kamu biasa tidur berdua atau lebih maka kasur queen bed atau king size yang berukuran 160×200 cm atau 180×200 cm bisa menjadi pilihan kamu. Perlu kamu tahu bahwa ukuran kasur yang nyaman juga dapat menjaga tulang dari risiko nyeri sendi.

6. Perhatikan riwayat kesehatan sebelum membeli kasur

Setiap orang tentu punya riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Jika kamu memiliki alergi debu dan kutu kasur, maka pilihlah alas yang terbuat dari bahan anti allergen. Sedangkan, bila kamu memiliki riwayat sakit punggung terutama pada bagian bawah, pastikan kamu membeli kasur yang hybrid dengan tingkat kelembutan yang medium atau firm.

Sebelum kamu membeli kasur, kamu bisa untuk mencoba tiduran di atas jenis kasur tersebut sejenak. Jadi, kamu pun bisa mengetahui mana kasur yang nyaman mana yang tidak.

7. Sesuaikan tinggi kasur dengan tinggi badan

Tips lainnya adalah pilihlah kasur yang sesuai dengan tinggi badan kamu. Idealnya, untuk tinggi rata-rata tempat tidur adalah 63 cm dari tinggi lantai. Umumnya, ukuran ini dihitung dari kaki dipan, ketebalan dipan, dan tebal kasur yang digunakan.

Jika kamu memiliki tinggi badan yang kurang dari 160 cm, maka pilihlah ukuran ranjang dengan tinggi sekitar 45-60 cm. Sedangkan, jika memiliki tinggi badan lebih dari 160 cm, maka harus pastikan tinggi ranjang yang kamu beli sekitar 63-91 cm.

8. Perhatikan suhu kamar

Kemudian pilihlah kasur dengan bahan yang sesuai dengan suhu lingkungan kamar. Terlebih kita yang tinggal di Indonesia yang merupakan negara tropis, kamu tentunya butuh kasur yang bisa memberikan kesejukan saat tidur bukan?

9. Perhatikan anggaran yang dimiliki

Kasur adalah salah satu bentuk sebuah investasi perabot dalam jangka panjang. Sebaiknya kamu membuat budget terlebih dahulu sebelum membeli sebuah kasur. Jangan sampai kamu tergoda membeli kasur dengan harga yang murah, tanpa mengetahui kegunaan serta spesifikasi bahan yang digunakan ya!

10. Pertimbangkan kualitas

Kasur dengan kualitas yang bagus memang cenderung memiliki harga yang cukup mahal. Mengingat kasur merupakan investasi jangka panjang, tak ada salahnya jika membeli kasur dengan kualitas yang terbaik.

Apalagi saat ini kasur-kasur berkualitas biasanya sudah dilengkapi dengan fitur yang menyesuaikan dengan kondisi kesehatan. sebagai contoh, kamu memiliki masalah sakit punggung, maka kamu bisa memilih ranjang yang memang dikhususkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah, itulah beberapa cara memilih kasur yang terbaik. Dalam artikel ini merekomendasikan kasur keluaran dari merk Mimpi Sleep. Bagi yang baru mendengarnya, Mimpi Sleep merupakan penyedia kasur latex alami berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk kebutuhan tipe kasur lainnya, Anda bisa cek di Katalog Mimpi Sleep. Ada berbagai tipe, model, dan ukuran secara lengkap.

0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!