Wajib Tahu! Inilah 6 Jenis Ukuran Kasur Yang Baik Untuk Tidur

Wajib Tahu! Inilah 6 Jenis Ukuran Kasur Yang Baik Untuk Tidur

February 28, 2023

Sepertinya di zaman sekarang ini kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, utamanya di kamar. Saat semua kegiatan yang dilakukan serba di rumah setidaknya 5 hingga 9 jam dalam sehari bisa habis di tempat tidur saja. Oleh karena itu, sebisa mungkin tempat tidur harus lah nyaman.

Agar mendapatkan suasana yang lebih nyaman saat di tempat tidur, maka kamu bisa memilih ukuran kasur yang pas dan tepat pastinya. Dimulai dari ukurannya, tingkat keempukannya hingga material kasur yang akan digunakan.

Tapi ternyata, kasur mempunyai beberapa bagian juga loh, ada elemen lain berupa sandaran, bed frame, dipan, dan masih banyak lagi. Bukan itu saja, ukuran kasur juga beragam. Penasaran dengan itu semua? Yuk simak tulisan dibawah ini!

 

Bagian-Bagian Kasur

  1. Kasur Utama

Kasur merupakan alas tidur yang berfungsi untuk tempat beristirahat. Pada kasur ini, kamu bisa memilih tingkat keempukannya dan material kasur sesuai dengan preferensi kamu. Contoh yang paling umum yaitu material busa, per, latex, dan masih banyak lagi.

  1. Dipan

Dipan adalah bagian bawah kasur yang berfungsi untuk penopang kasur. Dipan umumnya terbuat dari kerangka kayu dengan busa maupun foam yang dibalut dengan kain maupun kulit sintetis. Kemudian, pada bagian bawah biasanya terdapat sebuah kaki dipan atau bisa disebut dengan bed leg. Kaki dipan sendiri memiliki jarak antara dipan dengan lantai.

  1. Sandaran Kasur

Sandaran kasur atau biasa disebut dengan headboard merupakan sandaran untuk punggung dan kepala saat kamu sedang dalam posisi duduk di atas kasur. Sandaran kasur biasanya terbuat dari berbagai jenis material. Tetapi, yang paling umum digunakan yaitu busa yang telah dilapisi dengan kain maupun kulit sintetis.

  1. Bedframe

Pada kasur pasti ada bagian yang dikenal dengan bed frame. Bed frame merupakan dipan yang sudah menyatu dengan sandarannya. Dengan begitu, kamu tidak usah bingung menentukan dipan maupun sandaran secara terpisah, kamu bisa memilih langsung bed frame-nya saja.

 

Terdapat 6 Jenis Ukuran Kasur

Apabila kamu memikirkan tentang ukuran kasur, pastinya ada berbagai jenis ukuran kasur yang di jual. Di Indonesia sendiri begitu banyak ukuran standar yang seringkali digunakan sebagai ukuran pada kasur. Ukuran kasur ini biasanya disebut dengan penamaan single, double, queen, king hingga super king.

Sebelum kamu membeli kasur ada baiknya untuk mengetahui luas kamar yang ada terlebih dahulu agar dapat memudahkan saat memilih ukuran kasur.

  1. Ukuran Single

Ukuran kasur single umumnya disebutkan dengan ukuran 90 x 200 cm. Sesuai dengan namanya, kasur ini pastinya tidak begitu besar hanya dapat digunakan untuk kebutuhan tidur satu orang. Kasur single ini sering digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Dengan menggunakan ukuran tempat tidur ini, kamar tidur kamu pastinya akan terlihat lebih lowong atau lega karena mempunyai lebih banyak jarak untuk furniture lainnya. Single bed merupakan ukuran yang sangat pas untuk kamar tidur yang mungil dengan ukuran hanya 2,5 m x 2 m.

 

  1. Ukuran Single XL

Ukuran kasur 100x200 disebut dengan Single XL cocok digunakan untuk satu orang karena ukuran yang tidak jauh lebih besar dari ukuran kasur Single namun dengan sedikit lebih banyak ruang gerak.

 

  1. Ukuran Double 

Meskipun dinamakan double, akan tetapi untuk ukuran kasur ini masih bisa digunakan untuk kebutuhan tempat tidur satu orang loh. Ukuran ini juga populer dan begitu banyak dipilih oleh konsumen, karena memiliki ruang gerak yang lebih luas saat tidur. Untuk ukuran kasur Double adalah 120 cm x 200 cm.

 

  1. Ukuran Double XL 

Untuk ukuran kasur yang satu ini umumnya sedikit susah di temukan di berbagai produk kasur, akan tetapi ada beberapa merk yang menjualnya. Ukuran kasur ini masih ditujukan hanya pada satu orang maupun dua orang saja. Untuk ukuran Double XL adalah 140 x 200 cm

 

  1. Ukuran Queen

Untuk Ukuran kasur queen adalah 160 x 200, inilah ukuran yang paling ringkas dan diperuntukan kebutuhan tidur untuk dua orang. Jika kamu mencari sebuah kasur yang lebih nyaman dan pas untuk tidur dua orang dengan harga yang lebih ramah dikantong, maka ukuran queen ini pastinya cocok untuk kamu. Oleh sebab itu, ukuran ini bisa juga menjadi pilihan favorit bagi para pengantin baru nikah.

 

  1. Ukuran King

Kasur king ini merupakan kasur dengan ukuran yang cukup untuk tidur dua orang pastinya akan memberikan sebuah kenyaman ekstra dalam mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian. Kasur ini sering dipilih oleh pasangan yang baru menikah karena memiliki ukuran yang dirasa luas untuk berdua. Untuk ukuran King size adalah 180 cm x 200 cm

 

  1. Ukuran Super King

Ukuran yang terakhir, pastinya ukuran super king, ukuran kasur yang satu ini merupakan ukuran kasur yang begitu besar karena bisa digunakan hingga 3 sampai 4 orang, sehingga umum digunakan untuk tidur bersama satu keluarga. Apabila kamu mempunyai kamar yang luas dan menginginkan kasur yang super luas untuk memberikan sebuah kenyamanan, maka kamu bisa pilih kasur ukuran yang super king ini. Untuk ukuran super king adalah 200 cm x 200 cm.

 

Satu hal yang paling penting dalam memilih sebuah tempat tidur adalah ukuran harus sesuai dengan peruntukan dan luas ruang. Untuk ukuran berdua tentu saja jangan pilih ukuran single (90 x 200 cm), tapi pilihlah setidaknya ukuran queen (160 x 200 cm). Jika luas kamar tidur hanya 2 x 2m sebaiknya tidak mengambil tempat tidur yang ukuran king (180 x 200 cm). Maka untuk kamar ukuran tersebut lebih ideal diisi tempat tidur single.

Nah, Itulah beberapa jenis ukuran kasur yang baik untuk tidur yang tepat buat kamu di rumah. Bila kamu sedang mencari kasur yang berkualitas terbaik, maka kamu bisa mengunjungi Mimpi.co.id.

 

 


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!