Lakukan Ini untuk Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Tips tidur berkualitas, Orang dewasa kerap mengalami kesulitan tidur pada malam hari, yang berdampak pada produktivitas keesokan harinya karena terganggunya daya konsentrasi akibat kurang tidur. Namun jangan khawatir, Anda dapat melakukan upaya di bawah ini untuk mendapatkan kembali tidur pulas dan nyenyak Anda.

1. Memiliki jadwal tidur yang teratur.

Waktu tidur yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah 7 jam. Ada yang membutuhkan hingga 8 jam dan ada juga yang membutuhkan kurang dari 7 jam. Untuk mendapatkan lama waktu tidur yang baik, cobalah untuk tidur malam hari dan bangun pagi hari di waktu yang relatif sama setiap harinya dan hindari perubahan pola tidur pada akhir pekan. Orang yang berkerja cenderung ingin bangun lebih siang dibandingkan hari biasanya pada akhir pekan. Namun hal ini bisa saja mengganggu jadwal tidur Anda.

2. Perhatikan asupan makanan dan minuman.

Saat ingin tidur pada malam hari, sebaiknya tubuh kita dalam keadaan tidak lapar dan tidak terlalu kenyang. Konsumsi terhadap nikotin, kafein dan alkohol juga harus diperhatikan, karena kandungan tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda, terutama kafein yang dapat membuat Anda terjaga. Cobalah untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang sehat agar Anda dapat menikmati tidur Anda.

3. Ciptakan suasana yang mendukung istirahat.

Suasana yang mendukung istirahat adalah suasana yang tenang, sejuk, dan gelap. Hindari penggunaan layar ponsel atau komputer yang terlalu lama jika Anda hendak tidur pada malam hari. Jika masih sulit untuk tidur, cobalah menggunakan earplug atau hal lain yang sekiranya membantu Anda untuk terlelap. Aktivitas rileks seperti mandi dengan air hangat juga membantu Anda untuk segera tertidur.

4. Batasi tidur sementara siang atau sore hari.

Beberapa orang membutuhkan waktu tidur ekstra, salah satunya adalah dengan tidur siang. Jika Anda ingin tidur pada siang atau sore hari, cobalah untuk tidur tidak lebih dari 30 menit, agar tidur malam Anda tidak terganggu. Namun jika Anda butuh energi ekstra untuk bekerja hingga larut, cobalah untuk tidur sejenak selepas matahari terbenam. Sehingga Anda tetap segar hingga larut, namun tidak mengganggu jadwal tidur Anda.

5. Aktivitas fisik mencukupi.

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda mendapatkan tidur berkualitas pada malam hari. Namun hindari aktivitas fisik yang berlebihan saat Anda hendak tidur. Menghabiskan waktu di luar gedung pada siang hari juga dapat membantu Anda mendapatkan pola tidur yang baik.

6. Kendalikan rasa khawatir.

Cobalah untuk menghindari berpikir terlalu panjang sebelum tidur. Anda bisa mengesampingkan permasalahan sejenak dan melanjutkannya esok hari. Manajemen stres sangat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Hampir semua orang pernah dan sedang mengalami kesulitan untuk tidur, ataupun kualitas tidur yang kurang baik pada malam hari. Namun apabila Anda tetap sulit untuk mendapatkan tidur yang berkulitas meskipun Anda telah melakukan upaya-upaya untuk mendapatkan tidur yang lebih baik, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

7. Investasi pada kasur berkualitas.

Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai mengubah hidup Anda dengan mencoba kasur berkualitas tinggi: www.mimpi.co.id

Sumber: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/sleep/art-20048379?pg=1

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *