Mengendalikan Mimpi Lucid Dream

Lucid Dream! Cara Mengendalikan Mimpi yang Bisa Dicoba

September 26, 2020

Kita mungkin tidak ingat apa kita bermimpi atau tidak setelah kita bangun tidur, namun faktanya, semua orang bermimpi 3-6 kali/malam! Mimpi bisa menghibur, mengganggu, dan terkadang menakutkan.

Apa anda tahu bahwa anda dapat mengendalikan mimpi anda? Hal tersebut dinamakan lucid dream. Jika di dalam mimpi biasa anda seperti menonton film di depan anda, di lucid dream, anda menjadi aktor atau peserta aktif dalam film tersebut.

Cara mengendalikan mimpi

Beberapa orang yang sering melakukan lucid dream dapat mempengaruhi mimpi mereka dan bahkan mengubah jalan cerita mimpi mereka. Lucid dream dapat menguntungkan jika anda sedang bermimpi buruk!

Namun, banyak ahli merekomendasikan untuk membiarkan mimpi mengalir secara alami. Namun, jika anda penasaran dan tertarik untuk melakukan lucid dream, kami mempunyai beberapa tipsnya untuk anda!

Dapatkan lebih banyak tidur REM

Lucid dream biasanya terjadi selama periode tidur REM, dan menghabiskan lebih banyak waktu di tahap ini dapat meningkatkan peluang anda untuk mengalami lucid dream. Anda dapat memperpanjang periode tidur REM anda jika anda mendapatkan tidur yang cukup. Mempraktikan kebiasaan-kebiasaan sleep hygiene dapat membantu tubuh anda melewati keempat tahap tidur dengan baik! Pelajari lebih lanjut tentang sleep hygiene di sini.

Berlatih reality-testing

Reality testing adalah bentuk pelatihan mental dengan meningkatkan metakognisi anda. Ikuti langkah-langkah ini beberapa kali dalam sehari:

  • Tanyakan pada diri anda, “Apakah saya sedang bermimpi?”
  • Periksa sekitar anda untuk memastikan apakah anda sedang bermimpi atau tidak
  • Perhatikan kesadaran anda sendiri dan bagaimana anda terlibat dalam lingkungan sekitar anda

Buatlah jurnal mimpi

Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang membuat jurnal mimpi biasanya bermimpi lebih jelas karena mereka lebih fokus untuk bermimpi. Biasakan diri untuk menuliskan setiap detail mimpi anda segera setelah anda bangun!

Coba teknik induksi

Lucid dream sering terjadi secara random namun, mungkin saja untuk memulai lucid dream dengan sengaja melalui teknik-teknik berikut:

Wake Back to Bed (WBTB)

Bangun setelah 5 jam tidur, bangun sebentar, lalu kembali tidur untuk memasuki periode REM.

Mnemonic Induction of Lucid Dream (MILD)

Katakan pada diri sendiri bahwa anda akan berlucid dream malam ini. Anda dapat melakukannnya sebelum tidur atau setelah terbangun saat WBTB.

Wake-initiated Lucid Dream (WILD)

Anda perlu berbaring dan rileks sampai mengalami halusinasi yang terjadi sesaat sebelum anda tertidur.

Mimpi dapat membantu anda!

Serupa dengan gangguan tidur lainnya, lucid dream dapat mempengaruhi kualitas tidur anda. Lucid dream juga dapat mempengaruhi keseharian anda: sistem percenaan, suasana hati, ingatan, dan produktivitas anda secara umum. Namun, bagi sebagian orang, risikonya sepadan dengan pengalaman luar biasa mengendalikan mimpi. Selain itu, banyak terapis mengandalkan lucid dream untuk mengurangi masalah mental dan juga meningkatkan kreativitas.

Kasur Mimpi dapat membantu anda mengalami lucid dream dengan memberi anda tidur malam yang nyenyak untuk meningkatkan peluang tidur REM. Kasur kami menawarkan topangan luar biasa untuk bentuk alami tubuh dan secara dinamis beradaptasi dengan semua posisi tidur!

Artikel Menarik Lainnya :


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Jual Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau