Tips & Cara Agar Tidur Tidak Mendengkur Lagi

Tips & Cara Agar Tidur Tidak Mendengkur Lagi

August 26, 2020

Di penghujung hari yang melelahkan, tidak ada yang lebih baik daripada rebahan di atas kasur dan tidur nyenyak sampai… pasangan anda mulai mendengkur. Jangan biarkan dengkuran merusak hubungan anda dan juga tidur nyenyak anda! Kali ini, Mimpi akan memberikan tips dan cara agar tidur tidak mendengkur lagi.

Apa itu mendengkur?

Mendengkur terjadi saat udara tidak dapat melewati tenggorokan saat tidur, yang menyebabkan jaringan bergetar dan “berbunyi” saat anda bernapas. Hal ini dapat mengganggu pasangan tidur anda, dan terkadang juga mengindikasikan penyakit serius dalam tubuh.

Bagaimana caranya untuk mengetahui jika anda mendengkur?

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa mereka tidur sambal mendengkur sampai mereka tidur dengan orang lain. Namun, jika anda tinggal sendiri, anda dapat memeriksa gejala-gejala di bawah ini:

  • Anda bangun dengan sakit kepala atau mulut kering
  • Anda merasa letih dan mengantuk di siang hari
  • Anda terbangun tiba-tiba saat malam, bukan karena mimpi buruk
  • Anda terbangun saat malam dengan nafas terengah-engah atau batuk
  • Anda mempunyai masalah kesehatan gigi seperti gigi berlubang

Jika anda mengalami beberapa gejala diatas, mungkin saja anda mendengkur saat tidur – atau anda punya masalah tidur lainnya.

Apa yang menyebabkan mendengkur?

1.   Usia tua

Seiring bertambahnya usia, tenggorokan kita semakin sempit dan otot disekitarnya pun semakin lemah.

2.   Konsumsi alkohol

Alkohol membuat otot tenggorokan menjadi rileks dan menurunkan pertahanan alami terhadap penyumbatan saluran napas.

3.   Nasal problems

Kelainan bentuk fisik lainnya, baik disebabkan oleh cedera atau bawaan lahir, dapat menghambat saluran udara dan membuat kesulitas bernapas.

4.   Kurang tidur

Anda cenderung tidur sambal mendengkut ika anda sering kekurangan tidur (di bawah 6-7 jam)

5.   Posisi tidur

Tidur telentang dapat membuat dengkuran lebih sering dan lebih keras. Efek gravitasi dapat membuat tenggorokan lebih sempit.

6.   Anda adalah seorang pria

Pria cenderung mendengkur saat tidur atau mengalami ‘sleep apnea’ dibandingkan wanita. Sorry, boys!

7.   Kelebihan berat badan

Jika anda kelebihan berat badan, jaringan lemak yang ada di tenggorokan anda dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan dengkuran.

8.   Faktor keturunan

Mempunyai sejarah keluarga yang juga mendengkur, dapat meningkatkan resiko.

9.   Mengidap penyakit atau alergi tertentu

Gejala khas dari banyak penyakit atau alergi adalah hidung tersumbat dan kesulitan bernapas. Penyumbatan ini bisa menyebabkan mendengkur.

Bagaimana untuk menghentikan Kebiasaan Mendengkuan?

1.   Menurunkan berat badan

Seperti yang dijabarkan sebelumnya, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab mendengkur. Maka dari itu, menurunkan berat badan adalah salah satu cara agar tidur tidak mendengkur.

Lakukan hal ini jika anda kelebihan berat badan dan jika anda berpikir bahwa berat badan andalah yang menyebabkan dengkuran.

2.   Tidur menyamping

Gunakan bantal yang baik yang dapat menopang kepala dan leher anda dengan sempurna sehingga saluran udara dapat terbuka dan anda bisa bernapas dengan bebas. Anda juga dapat menggunakan guling untuk menyangga tubuh anda agar tetap berada dalam posisi menyamping.

Bantal yang disarankan untuk menopang dengan sempurna adalah bantal berbahan latex. bantal ini sangat adaptif dan mampu mengikuti bentuk kepala Anda

3.   Hindari alkohol

Hindari mengkonsuminya di malam hari mendekati waktu tidur anda dan batasi asupannya secara umum.

4.   Sembuhkan hidung tersumbat

Mandi dengan air hangat sebelum tidur dapat membuka saluran pernapasan anda. Tips lainnya yaitu basuh hidung anda dengan air garam.

5.   Lakukan gaya hidup sehat

Perhatikan apa yang anda makan – makan berat sebelum tidur dapat mengganggu tidur dan memperparah dengkuran anda. Juga, berolahragalah secara teratur karena dapat menurunkan berat badan dan memperkuat otot. Tidur cukup 7-10 jam perhari juga penting, loh!

6.   Obati penyakit atau alergi

Jika dengkuran anda disebabkan oleh penyakit atau alergi anda, bicarakan dengan dokter anda tentang obat atau perawatan yang dapat memperbaiki kondisi kesehatan anda.

Mimpi can help you!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidur menyamping dapat membantu tidur agar tidak mendengkur. Akan tetapi, leher dan tulang punggung anda membutuhkan bantal yang baik agar mereka dapat sejajar dengan sempurna saat anda tidur. 

Mimpi Contour dan Mimpi Bolster adalah solusi terbaik anda!

Berkat desainnya yang melengkung, bantal Contour kami dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi otot leher – membantu anda tidur lebih nyaman. Sementara leher anda ditopang oleh bantal Contour, tubuh anda dapat menggunakan guling kami agar menjaga anda tetap dalam posisi menyamping. Baca lebih lanjut tentang Mimpi Contour dan Bolster disini:

Bantal Mimpi Contour dan Bantal Mimpi Bolster

Selain itu, jika anda tidur di atas kasur yang tidak nyaman, anda pasti tidak tidur dengan nyenyak dan rentan untuk mendengkur. Check out our mattresses! Kasur Busa berbahan latex dari kami dapat mengikuti postur tubuh anda apapun posisi tidur karena kami memiliki efek ortopedi.

Baca lebih lanjut tentang kasur Mimpi di sini: https://www.mimpi.co.id/collections/kasur

Perlu diingat jika dengkuran anda terus berlanjut, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Stay healthy, keluarga Mimpi!

Artikel Menarik Lainnya :


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Jual Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau