Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh dan Otak

Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh dan Otak

October 21, 2020

Anak-anak biasanya dianjurkan untuk tidur siang, namun semakin dewasa, banyak orang yang tidak terbiasa tidur siang. Padahal banyak orang dewasa mengalami kantuk di siang dan sore hari. Padahal, banyak manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh dan otak manusia. Penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk power nap selama 20-30 menit adalah 8 jam setelah bangun di pagi hari.

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Otak

Meningkatkan daya ingat

Banyak penelitian menunjukan bahwa tidur berperan penting dalam penyimpanan ingatan. Tidur siang dapat membantu anda mengingat hal sama seperti tidur malam. Tidur mempersiapkan otak seperti spons kering yang siap untuk menerima informasi baru.

Meningkatkan mood

Cobalah untuk tidur siang untuk meningkatkan mood dan energi jika anda sedang merasa down. Penelitian membuktikan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kemampuan mengolah emosi, termasuk meningkatkan kemampuan untuk mentolerir rasa frustasi dan mengurangi kecenderungan menjadi impulsif.

Mengurangi stres

Tidur “kilat” selama 20 menit di siang hari dapat memperkuat kemampuan tubuh untuk mengatasi stres. Diikuti dengan rutinitas tidur malam yang menenangkan dan memulihkan tubuh. Sebaliknya, kekurangan tidur dapat menurunkan tingkat energi anda dan menurunkan kesadaran mental.

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

Mengurangi resiko penyakit jantung

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang tidur siang selama 45-60 menit mempunyai tekanan darah yang lebih rendah setelah mengalami tekanan mental. Penelitian lain di Swiss menemukan bahwa orang yang tidur siang 1-2 kali dalam seminggu lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung atau stroke dibandingkan dengan ornag yang tidak tidur siang.

Menjaga penampilan fisik yang baik

Tidur bersifat restoratif, baik dari dalam dan di luar tubuh. Kekurangan tidur dapat membuat seseorang terlihat lelah dan tentu saja terlihat kurang menarik. Tidur siang yang baik dapat membantu anda tetap terlihat muda, sehat, dan berenergi sepanjang hari!

Meningkatkan performa fisik

Banyak atlet yang sadar atas peran penting tidur untuk perfoma mereka. Tidur siang telah terbukti meningkatkan kinerja motorik seperti akurasi, kecepatan, kekuatan, dan waktu reaksi. Di sisi lain, tidur siang yang berlebihan dapat mengganggu ritme sirkadian yang sehat.

Mimpi adalah kasur yang sempurna untuk tidur siang anda!

Baik di luar sudah gelap atau masih terang, Mimpi dapat membantu anda mendapatkan tidur terbaik yang pernah anda rasakan dalam hidup anda! Mimpi hanya menggunakan bahan premium dengan kualitas terbaik dari Belgia: Latex alami A-Grade, busa memori, busa ketahanan tinggi, dan busa penopang tahan lama. Cover kasur yang dapat dilepas dan mudah dicuci terbuat dari kain tahan api berkualitas tinggi dengan viscose dan pes.

Terlebih, kasur latex kami menjaga anda tetap sejuk di hari yang panas berkat kain kami yang menyerap kelembapan dan latex alami yang bersikulasi udara baik! Sungguh kasur yang sempurna untuk tidur di siang hari, bukan?

Upgrade kasur anda, upgrade hidup anda dengan Mimpi!

Artikel Menarik Lainnya :


0
Comments

Leave A Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

mimpisleep

Jual Kasur Mewah dengan Harga Terjangkau